Koma.id- Tokoh masyarakat Papua, Yonas Nusy, dengan tegas mengungkapkan pandangannya terhadap serangkaian aksi kekerasan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah tersebut. Nusy menyebut bahwa tindakan-tindakan tersebut telah menambah daftar pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) berat di Papua.

Menurut Yonas Nusy, aksi-aksi kekerasan yang dilancarkan oleh KKB bukanlah manifestasi dari suatu perjuangan yang sah, melainkan tindakan kriminal yang meresahkan. Jadi pembunuhan, penyanderaan pilot Susi Air, dan pembakaran fasilitas pemerintah di beberapa daerah Papua bukanlah tindakan perjuangan, melainkan merupakan tindakan kriminal yang sangat merugikan masyarakat Papua.

‚ÄúPembunuhan, penyanderaan Pilot Susi Air dan pembakaran fasilitas Pemerintah di beberapa daerah itu bukan perjuangan tapi kriminal, bahkan saya melihat itu pelanggaran HAM, karena banyak hak masyarakat dirugikan,” tegas Nusy.

Nusy menegaskan pentingnya menyampaikan hal ini, lantaran meningkatnya kekhawatiran terhadap keamanan dan stabilitas di Papua akibat aksi-aksi KKB yang semakin ganas. Di antaranya insiden seperti pembunuhan, penyanderaan, dan pembakaran fasilitas pemerintah telah menciptakan ketegangan yang mendalam di wilayah tersebut.

“Anak-anak kami butuh aman dan nyaman demi bisa meraih cita-cita, mari kita wujudkan Papua itu tanah damai,” tandasnya.

Temukan juga kami di Google News.