Gulir ke bawah!
Nasional

RPI: DOB Papua untuk Kepentingan NKRI, Harus Didukung

9378
×

RPI: DOB Papua untuk Kepentingan NKRI, Harus Didukung

Sebarkan artikel ini
Direktur Rumah Politik Indonesia (RPI), Fernando EMaS.

Koma.id – Direktur Rumah Politik Indonesia (RPI), Fernando EMaS, menilai pembentukan daerah otonomi baru (DOB) merupakan salah satu percepatan pemerataan pembangunan di wilayah Papua.

“Bukti keseriusan pemerintahan Jokowi membangun wilayah Papua dan melakukan percepatan pembangunan dengan membentuk DOB,” kata Fernando saat dihubungi pada Selasa (8/7/2022).

Silakan gulirkan ke bawah

Fernando berharap dengan terbentuknya beberapa daerah otonomi baru maka pelayanan pemerintah kepada masyarakat semakin cepat dan mudah terjangkau.

“Penting dilakukan oleh pemerintah atas pembentukan DOB agar mengutamakan orang asli Papua (OAP) dalam struktur pemerintahan daerah yang baru dibentuk sehingga mereka benar-benar merasakan manfaat pembentukan daerah otonom baru sehingga masyarakat Papua tidak beranggapan bahwa pembentukan DOB bukan untuk kepentingan orang diluar Papua.” katanya.

Alumni Universitas Indonesia ini juga menegaskan bahwa pemerintah juga harus terus memberdayakan OAP dalam membuka usaha di wilayah DOB serta mempermudah akses bagi mereka.

“Diharapkan dengan perhatian dari Pemerintahan Jokowi semakin membuat masyarakat Papua untuk tetap setia pada NKRI dan juga para kelompok kriminal bersenjata (KKB) diharapkan segera menyatakan setia pada NKRI,” kata Fernando.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.