Gulir ke bawah!
Nasional

Heboh Beras Sintetis Beredar di Pasaran, Faktanya Begini

2096
×

Heboh Beras Sintetis Beredar di Pasaran, Faktanya Begini

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Beredar sebuah video oleh akun Twitter @AbdHali59646742 pada 5 Mei 2024. Video tersebut menampilkan kompilasi potongan video dari proses pengiriman beras dari vietnam dan digabungkan dengan video lainnya. Selain itu pada video tersebut juga disertai dengan tampilan liputan terkait IRT asal Bukittinggi yang mengalami sakit perut usai mengkonsumsi beras yang diduga sintetis.

Berdasarkan hasil penelusuran, video IRT asal Bukittinggi yang mengalami sakit perut usai mengkonsumsi beras yang diduga sintetis adalah tidak benar.

Silakan gulirkan ke bawah

Penemuan beras diduga palsu di Bukittinggi itu terjadi pada tahun 2023 di daerah Campago Ipuh oleh seorang warga bernama Dessi. Ia mengaku mengalami sakit komplikasi setelah mengonsumsi beras yang diduga sintetis itu, seperto radang tenggorokan, pusing, dan demam tinggi, setelah dua pekan memakan beras tersebut.

Beras yang dibeli dengan harga Rp5.000 per kilogram itu kemudian diperiksa langsung oleh pihak kepolisian untuk selanjutnya dicek laboratorium.

Dikutip dari laman ini, Kepala Dinas Pangan Sumbar, Syaiful Bahri mengungkap beras diduga sintetis tersebut ternyata beras biasa. Ia juga mengungkap jenis dan asal beras tersebut. Menurutnya beras merupakan beras lokal Sumbar yang berjenis Sokan asal Kabupaten Pasaman.

“Kami sudah memperoleh hasilnya pada Sabtu lalu. Hasilnya bukan sintetis. Beras itu murni beras lokal, yang berasal dari Kabupaten Pasaman,” katanya saat ditemui, Senin (16/10/2023).

Dengan demikian, kompilasi video tersebut tidak ada kaitannya dengan beras sintetis yang dikonsumsi oleh IRT asal Bukittinggi. Sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Sumber : turnbackhoax.id

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.