Gulir ke bawah!
Keamanan

KSPI Bakal Gelar May Day Fiesta 2024, 50 Ribu Buruh di Jabodetabek Bakal Ikut

8908
×

KSPI Bakal Gelar May Day Fiesta 2024, 50 Ribu Buruh di Jabodetabek Bakal Ikut

Sebarkan artikel ini
Said Iqbal Presiden Partai Buruh
Presiden Partai Buruh, Said Iqbal.

KOMA.ID, JAKARTA – Presiden Partai Buruh, Said Iqbal mengatakan bahwa pihaknya akan akan melakukan aksi unjuk rasa May Day atau peringatan Hari Buruh Internasional pada tanggal 1 Mei 2024.

Partai Buruh akan didukung oleh KSPI (Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia). Sebagai salah satu organisasi serikat buruh terbesar di Indonesia, Iqbal mengklaim akan ada 50 ribu buruh menjadi peserta aksi yang berasal dari Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi).

Silakan gulirkan ke bawah

Dalam paparannya, Said Iqbal menjelaskan bahwa aksi akan dilakukan di Istana dari pukul 09.30 WIB. Mereka akan melakukan orasi politik tentang sektor perburuhan dan yang lainnya di sekitar kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Gambir, Jakarta Pusat. Aksi di lokasi tersebut akan berlangsung sampai pukul 12.30 WIB.

“Setelah itu, pukul 12.30 massa aksi 50 ribu buruh akan bergerak dari Istana ke Istora Senayan untuk merayakan May Day Fiesta,” ujar Said Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/4).

Disampaikan Iqbal, bahwa aksi May Day ini tidak hanya dilakukan di Jakarta saja. Ia menegaskan aksi May Day Fiesta tersebut juga akan dilakukan serempak di seluruh Indonesia dengan melibatkan total ratusan ribu buruh, antara lain ; di Serang, Bandung, Semarang, Surabaya, Jogja, Batam, Medan, Banda Aceh, Palembang, Padang, Bengkuku, Pekanbaru, Jambi, Lampung, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda, Pontianak, Makassar, Konawe, Morowali, Gorontalo, Ambon, Ternate, Jayapura, Mimika, Lani Jaya, Tolikara, dan lain sebagainya.

Terdapat dua isu utama yang akan diusung dalam aksi ini. Pertama, Cabut Omnibus law UU Cipta Kerja. Sedangkan isu yang kedua adalah HOSTUM: Hapus OutSourcing Tolak Upah Murah.

“Untuk May Day Fiesta, akan diselenggarakan di Istora Senayan dan diisi oleh orasi-orasi. Di antaranya adalah orasi kebangsaan Presiden Partai Buruh dan orasi pimpinan serikat buruh,” ujarnya.

Melalui momentum Hari Buruh Internasional ini, Said Iqbal juga mengatakan bahwa Partai Buruh dan KSPI berharap Presiden Republik Indonesia terpilih yaitu Jenderal (Purn) Prabowo Subianto dalam kebijakannya memperhatikan dua isu utama yang disuarakan sebagaimana tersebut di atas.

“Partai Buruh dan KSPI menyambut dan menyetujui dengan penetapan KPU RI yang telah menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang telah resmi menjadi Presiden RI dan Wakil Presiden Indonesia yang akan dilantik pada bulan Oktober 2024,” tegasnya.

Said Iqbal juga menyampaikan, Partai Buruh dan Buruh Indonesia mengucapkan selamat seraya berdoa untuk Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka dalam menjalankan tugas-tugas kebangsaan dan kerakyatan dalam lima tahun ke depan.

“Selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka,” lanjutnya.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.