Gulir ke bawah!
HeadlineHukum

Ganjar-Mahfud: Apapun Hasilnya, Kita Akan Taat Pada Konstitusi

8384
×

Ganjar-Mahfud: Apapun Hasilnya, Kita Akan Taat Pada Konstitusi

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Ganjar Pranowo-Mahfud MD selaku calon presiden nomor urut tiga menegaskan akan menerima apapun hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Hari ini tinggal putusan dari majelis, maka kita akan mendengarkan putusan itu. Tentu apapun hasilnya kita akan menunggu di sana,” ujar Ganjar di The Mandarin Hotel, Jakarta, Senin (22/4/2024).

Silakan gulirkan ke bawah

“Saya dengan Pak Mahfud, orang yang sangat taat pada konstitusi, apapun pasti akan kita ikuti, dan tentu saja tim hukum juga sudah menyiapkan itu. Maka tugas kita hari ini adalah datang untuk mendengarkan keputusannya,” ujarnya menambahkan.

Ketua Tim Hukum Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Todung Mulya Lubis mengatakan bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) memiliki tiga kewenangan pada putusan sengketa pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Kewenangan tersebut hadir dengan melihat fakta-fakta persidangan yang ada.

Pertama, MK berwenang untuk menerapkan diskualifikasi kepada pihak terkait, dalam hal ini adalah Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Kedua, MK berwenang untuk memerintahkan pemungutan suara ulang atas dasar pelanggaran terstruktur, sistematis, dan masif (TSM).

Terakhir, MK berwenang untuk memerintahkan pemungutan suara ulang di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) atas dasar pelanggaran prosedur pemilihan umum. “Dengan pelanggaran Pilpres 2024 yang terbukti di persidangan, maka MK berwenang untuk menerapkan diskualifikasi dan/atau pemungutan suara ulang sebagai konsekuensi dari adanya pelanggaran TSM dan/atau pelanggaran prosedur yang menguntungkan paslon tertentu,” ujar Todung lewat keterangannya, Sabtu (20/4/2024).

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.