Gulir ke bawah!
Nasional

Kompolnas Puji Kejujuran Aiptu Supriyanto yang Kembalikan Tas Pemudik Berisi Uang Rp 100 Juta

5764
×

Kompolnas Puji Kejujuran Aiptu Supriyanto yang Kembalikan Tas Pemudik Berisi Uang Rp 100 Juta

Sebarkan artikel ini
Poengki Kompolnas

Koma.id – Anggota Polres Lampung Tengah, Aiptu Supriyanto, mengembalikan tas pemudik yang berisi uang tunai Rp 100 juta di sebuah toilet rest area KM 116 A Tol Trans Sumatera, Lampung Tengah. Kompolnas memuji tindakan Aiptu Supriyanto itu.

“Kompolnas sangat mengapresiasi tindakan yang dilakukan Aiptu Supriyanto. Ketika melaksanakan tugasnya, beliau menemukan tas pemudik yang tertinggal di rest area, dan langsung mengamankan tas tersebut, mengeceknya bersama petugas-petugas lain, dan mengembalikan tas tersebut utuh, yang ternyata berisi uang Rp 100 juta dan barang-barang lainnya kepada pemiliknya,” kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti kepada wartawan, Senin (15/4/2024).

Silakan gulirkan ke bawah

Poengky menyebut pihaknya sungguh menghargai kejujuran dan integritas Aiptu Supriyanto. Dia juga menghargai kesigapan Aiptu Supriyanto dalam melaksanakan tugasnya.

“Memang pada saat puncak arus mudik dan arus balik, situasinya rush, sehingga masyarakat yang melakukan mudik lebaran terkadang kecapaian, sehingga tidak sadar ada barang-barangnya yang tertinggal di area publik,” ucapnya.

Menurut Poengky, kesigapan dan ketelitian petugas dalam mengecek lokasi-lokasi rest area serta memberikan imbauan-imbauan kepada masyarakat sangat penting. Namun, kata dia, yang lebih penting adalah kejujuran dan integritas seseorang ketika melihat barang milik orang lain yang tertinggal, untuk segera mengembalikan kepada pemiliknya.

“Kejujuran ini menjadi tolok ukur keamanan dan kenyamanan sebuah negara, khususnya jika ingin dikunjungi turis-turis manca negara,” ujar Poengky.

Poengky berharap para pemudik menjaga barang-barangnya dengan baik, sehingga tidak ada yang tertinggal atau hilang. Dia juga berharap Aiptu Supriyanto dan para anggota Polri lainnya yang sedang bertugas melaksanakan Operasi Ketupat Pengamanan Mudik Lebaran diberikan kesehatan, sehingga dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Diketahui, peristiwa itu terjadi pada Minggu (14/4/2024) sekitar pukul 07.00 WIB. Saat itu, kondisi rest area sedang ramai pemudik yang beristirahat.

Aiptu Supriyanto mulanya sedang patroli jalan kaki sekaligus memberikan imbauan ke pemudik di rest area. Lalu ia menemukan sebuah tas di toilet rest area.

Saat menemukan tas itu, Aiptu Supriyanto tak berani membuka sendirian. Ia membawanya ke pos untuk diperiksa bersama sekuriti dan petugas cleaning service rest area. Di dalam tas itu berisi uang tunai.

“Saat dibuka, isinya uang tunai pecahan lebih kurang senilai Rp 100 juta. Selain itu ada barang berharga berupa HP, paspor dan dompet yang berisi identitas pemilik,” kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Umi Fadilah dalam keterangannya, Senin (15/4/2024).

“Anggota kami langsung bergegas mengumumkannya menggunakan TOA masjid di rest area setempat didengar oleh pemilik tas,” lanjutnya.

Aiptu Supriyanto juga melakukan panggilan telepon melalui riwayat telepon ponsel yang ditemukannya itu. Setelah beberapa saat, Aiptu Supriyanto bertemu dengan Sukisno yang tak lain adalah pemilik tas.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.