Gulir ke bawah!
Nasional

Jimly Gandeng Masyarakat Manfaatkan Momen Lebaran untuk Rekonsiliasi

14148
×

Jimly Gandeng Masyarakat Manfaatkan Momen Lebaran untuk Rekonsiliasi

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie mengajak segenap muslim di Tanah Air untuk memanfaatkan momentum Idul Fitri 1445 Hijriah dengan melakukan rekonsiliasi setelah Pilpres 2024.

“Saya mengajak semua para pihak untuk memanfaatkan momentum Lebaran ini momentum untuk rekonsiliasi,” kata Jimly saat ditemui wartawan usai melaksanakan sholat Idul Fitri 1445 Hijriah di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta, dikutip Rabu (10/4).

Silakan gulirkan ke bawah

Senator DKI ini mengajak masyarakat, khususnya umat Islam, untuk berhenti menyebarkan narasi kebencian dan permusuhan di ruang publik serta media-media sosial, seperti Twitter dan TikTok.

Jimly pun mengajak segenap bangsa Indonesia saling memaafkan di tengah perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah ini.

Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh pada Rabu setelah diputuskan melalui sidang isbat yang digelar di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (9/4) malam.

“Berdasarkan hisab posisi hilal wilayah Indonesia yang sudah masuk kriteria MABIMS, serta adanya laporan hilal yang terlihat, disepakati bahwa 1 Syawal tahun 1445 Hijriah jatuh pada Hari Rabu, 10 April 2024 Masehi,” ujar Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers penetapan sidang Isbat.

Dengan penetapan ini maka dipastikan 1 Syawal 1445 Hijriah antara keputusan pemerintah, termasuk Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah jatuh pada hari yang sama.

Sidang isbat tersebut diikuti sejumlah perwakilan organisasi keagamaan, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), ahli astronomi, perwakilan negara sahabat, dan tamu undangan lainnya.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.