Gulir ke bawah!
Nasional

Bahlil Ungkap Ada Pihak Asing yang Mau Menyetop Hilirisasi RI

262
×

Bahlil Ungkap Ada Pihak Asing yang Mau Menyetop Hilirisasi RI

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan ada negara lain yang berupaya menghentikan program hilirisasi. Dia khawatir, upaya mengusik kebijakan penghentian ekspor komoditas mentah ini akan dilakukan dengan menyerang pemerintahan baru Indonesia mendatang.

“Saya ingin menyampaikan bahwa berbagai macam godaan ataupun cara-cara lain akan dipakai untuk kebijakan menyetop ekspor bahan baku ini agar dicabut. Termasuk menyerang nasionalisme. Saya merasakan betul ini,” ungkap Bahlil, dalam konferensi pers, Senin (18/3/2024).

Silakan gulirkan ke bawah

Menurut Bahlil, alasan suatu negara ingin menghentikan program hilirisasi di Indonesia adalah karena menganggu industri mereka dalam penyediaan bahan baku. Maka dari itu, negara tersebut menghalalkan segala cara termasuk dengan menyerang nasionalisme.

“Oleh karenanya, jangan mau kita diadu sesama anak bangsa oleh tangan-tangan asing. Ini dirasakan pada saat suasana memasuki pilpres,” kata Bahlil.

“Saya punya kekhawatiran jangan sampai pasca-pemerintahan Pak Jokowi dan menuju Pak Prabowo, cara-cara pandang ini akan terus dipakai dengan intrik-intrik tertentu,” sambungnya.

Bahlil menilai, upaya suatu negara untuk menghentikan program hilirisasi merupakan ancaman serius. Seringkali, kata Bahlil, mereka menyerang pejabat negara yang mendukung hilirisasi dengan gangguan tertentu.

“Ke depan, presiden terpilih, Prabowo menyampaikan tentang hilirisasi yang komprehensif. Ini saya yakin akan tetap berjalan dan akan konsisten. Prabowo juga konsisten untuk hilirisasi dan bukan orang yang bisa diatur-atur,” katanya.

Lebih lanjut, Bahlil menegaskan agar pemerintahan baru mendatang juga dapat membangun ekosistem hilirisasi yang baik, misalnya melalui pengembangan ekosistem komponen kendaraan listrik.

“Tentang hilirisasi yang harus mendorong ekosistem itu betul. Kita bangun tembaga itu langsung ke emas kita bikin hilirisasi langsung ke copper foil seperti di Gresik, itu copper foil kita bikin pembungkus baterai, selama ini kita impor,” tandasnya.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.