Gulir ke bawah!
Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi Bakal Dirilis Besok, Begini Kondisi Terkini

4192
×

Pertumbuhan Ekonomi Bakal Dirilis Besok, Begini Kondisi Terkini

Sebarkan artikel ini
Sri Mulyani Indrawati
Menkeu RI, Sri Mulyani Indrawati.

KOMA.ID, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati menyampaikan proyeksinya terkait pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2024 yang akan dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) pada Senin (6/6) besok.

Dia mengaku optimis, ekonomi Indonesia pada periode tersebut akan tetap mencatatkan pertumbuhan di atas 5 persen

Silakan gulirkan ke bawah

“Pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2024 diperkirakan akan tetap berada di atas 5 persen dan dibandingkan kuartal IV-2023,” kata Sri Mulyani dalam Konferensi Pers hasil rapat KSSK II baru-baru ini, Minggu (5/5).

Keyakinan itu, dikatakan Sri Mulyani, karena adanya dorongan permintaan dalam negeri yang menguat, baik itu dari sisi konsumsi pemerintah maupun konsumsi rumah tangga.

Dari sisi konsumsi pemerintah, lanjutnya, pemerintah telah melakukan sejumlah belanja yang bersifat front loading atau dikeluarkan terlebih dahulu, seperti pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) ASN yang diberikan 100 persen.

Kemudian dari sisi investasi bangunan, kata dia, juga lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya.

“Ini ditopang oleh berlanjutnya Proyek Strategis Nasional (PSN) di sejumlah daerah dan aktivitas konstruksi properti swasta sebagai dampak positif dari insentif yang diberikan oleh pemerintah,” katanya.

Namun ia mengatakan, kinerja ekspor masih belum cukup kuat seiring dengan moderasi harga-harga komoditas dan lemahnya permintaan global.

“Dengan perkembangan tersebut perkembangan ekonomi Indonesia 2024 diperkirakan tetap berada di sekitar 5 persen,” katanya.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.