Koma.id- Lonjakan harga kembali menyapa pasar Indonesia dengan naiknya harga sejumlah bahan pokok. Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat. Harga bahan pangan pokok seperti gula, beras, dan cabai kembali melonjak, menciptakan tekanan ekonomi di tengah-tengah kondisi yang masih tidak pasti.

Menurut catatan Panel Harga Badan Pangan, harga beras premium mengalami kenaikan signifikan menjadi Rp15.010 per kg, sedangkan beras menjadi Rp13.190 per kg. Peningkatan ini menandai kenaikan harga dalam sepekan, setelah sebelumnya pada 22 November 2023, harga beras premium sempat turun.

Bukan hanya beras yang mengalami kenaikan, cabai juga menjadi perhatian utama. Harga cabai merah keriting melonjak signifikan sebesar Rp480 per kg, mencapai Rp66.530 per kg, sementara cabai rawit merah naik Rp20 per kg menjadi Rp84.100 per kg. Kenaikan harga ini memberikan tekanan tambahan bagi konsumen yang sudah merasakan dampak lonjakan harga pangan.

Selain itu, sektor daging sapi murni juga terkena imbas, dengan harga naik menjadi Rp134.6609 per kg. Harga gula juga tidak luput dari tren kenaikan, menjadi Rp17.090 per kg. Kondisi ini semakin meruncing di tengah ketidakpastian ekonomi global yang masih berlangsung.

Tingginya kenaikan harga bahan pokok ini menciptakan kekhawatiran di kalangan masyarakat, terutama mereka yang sudah merasakan beban ekonomi yang semakin berat.