Koma.id- Dinamika Pemilu semakin memanas dengan sentilan tajam dari Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan dalam Konferensi Orang Muda di Balai Kartini, yang diselenggarakan oleh Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Sabtu (25/11/2023).

Dalam kesempatan ini, Anies menyindir calon lain yang absen, Anies juga mengumumkan rencananya mengganti kebijakan food estate yang digagas Joko Widodo dengan konsep contract farming.

“Kita ingin sampaikan fokus kita ke depan kita tidak akan mengonsentrasikan kepada food estate, justru kita ingin contract farming dibangun untuk Indonesia ke depan,” kata Anies, Sabtu (25/11/2023).

Sementara itu, Ganjar Pranowo, capres nomor urut 3, melakukan safari politik di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, sambutannya disambut antusias tim relawan emak-emak dengan fokus menyerap aspirasi pendeta dan tokoh masyarakat terkait pariwisata hingga perlindungan perempuan.

Di sisi lain, atmosfer luar biasa terjadi di Makassar, saat cawapres pasangan Prabowo Subianto, Gibran Rakabuming Raka, memimpin jalan sehat yang dihadiri ratusan ribu warga. Sementara di Jawa Barat, TKD Prabowo-Gibran resmi dikukuhkan, dipimpin oleh Ridwan Kamil, dengan janji membawa pasangan tersebut satu putaran.