Gulir ke bawah!
Nasional

Hoaks MPR Gelar Sidang Istimewa Lengserkan Jokowi

4716
×

Hoaks MPR Gelar Sidang Istimewa Lengserkan Jokowi

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Beredar di media sosial video yang menyatakan bahwa MPR menggelar sidang istimewa untuk pemakzulan Jokowi di Malam Jumat 13 Juni 2024. Video ini diunggah oleh kanal Youtube Satu Bangsa pada 13 Juni 2024 dan sudah lebih dari 6 ribu tayangan.

Narasi yang ditulis adalah :
MENGGEMPARKAN !! TEPAT MALAM JUMAT JOKOWI LENGSER GARA2 KELAKUAN FATAL INI

Silakan gulirkan ke bawah

Setelah dilihat secara keseluruhan, video tersebut tidak menyampaikan tentang pemakzulan Jokowi oleh MPR. Video tersebut hanya berisi aspirasi dari beberapa tokoh terkait kebijakan Jokowi dalam memperbolehkan izin usaha tambang oleh ormas keagamaan. Kebijakan tersebut dianggap melanggar undang-undang yang berpotensi Jokowi dapat dimakzulkan.

Selain itu, melansir dari situs ini, Jokowi menegaskan bahwa pemberian izin tambang itu diberikan bukan untuk ormasnya namun badan usaha atau koperasi yang ada di ormas keagamaan dengan syarat-syarat tertentu.

Melansir dari laman ini Jokowi pada Malam Jumat 13 Juni 2024 tengah melakukan rapat terbatas dengan sejumlas menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka membahas kesiapan penyelenggaraan PON XXI di Aceh dan Sumut.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pernyataan MPR menggelar sidang istimewa pada malam jumat 13 Juni 2024 untuk pemakzulan Jokowi tidaklah benar.

Sumber : turnbackhoax.id

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.