Gulir ke bawah!
Nasional

Pengamat : Duet Anies-Kaesang Cuma Gimmick

5502
×

Pengamat : Duet Anies-Kaesang Cuma Gimmick

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menilai wacana duet mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep pada Pilkada DKI Jakarta 2024 dinilai hanya sekadar gimmick politik.

“Wacana Anies-Kaesang lebih pada gimmick politik PSI,” katanya kepada wartawan, Jumat (14/6).

Silakan gulirkan ke bawah

Pasalnya wacana duet Anies-Kaesang mencuat setelah ada rencananya sokongan dari PDIP kepada Anies Baswedan.

“Setelah adanya sokongan PDIP ke Anies Baswedan,” jelasnya.

Pengamat politik jebolan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu pun mengingatkan, potensi resiko bila Anies berpasangan dengan Kaesang. Risiko reputasi yang akan diterima Anies sangat besar bilamana berpasangan dengan Kaesang.

“Di luar itu, risiko reputasi yang dihadapi Anies akan sangat besar, menggandeng Kaesang belum tentu memenangi kontestasi karena pertentangan pemilih Jakarta ke koalisi Jokowi cukup besar,” tuturnya.

Sekalipun Anies menang saat berpasangan dengan Kaesang, kata Dedi, maka berpotensi kehilangan simpati pemilih nasional. Artinya, harapan Anies untuk maju di Pilpres 2029 bisa kandas.

“Peluang menang akan terbuka, menyerupai kemenangan Gibran, tentu diiringi polemik atau justru sebaliknya bisa saja kalah by design dan orientasinya meruntuhkan reputasi Anies,” pungkasnya.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.