Gulir ke bawah!
Nasional

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Sapma Pemuda Pancasila se-Indonesia Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

5895
×

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Sapma Pemuda Pancasila se-Indonesia Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Hari Lingkungan Hidup sedunia atau World Environment Day yang diperingati setiap tahunnya di tanggal 5 Juni 2024, dalam hal ini Sapma Pemuda Pancasila dan Pemuda Pancasila serentak bergerak melakukan serangkaian kegiatan membersihkan lingkungan dari mulai dari lingkungan terdekatnya masing-masing seperti kali, pekarangan, selokan dan tempat-tempat berserakan lainnya, kegiatan ini diharapkan bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Acara yang berlangsung serentak di berbagai daerah di Indonesia ini melibatkan ribuan kader Pemuda Pancasila serta masyarakat setempat. Mereka bekerja sama untuk membersihkan area publik seperti taman, pantai, dan sungai dari sampah serta melakukan penanaman pohon sebagai simbol kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

Silakan gulirkan ke bawah

Ketua Umum Sapma Pemuda Pancasila Aulia Arief menyampaikan dalam program sapma mengabdi kita juga memiliki peranan penting untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitaran dan sebagai anak muda kita harus bergerak dan berdampak.

“Melalui Sapma Mengabdi dengan Gerakan Serentak membersihkan Lingkungan, kami ingin menunjukkan bahwa pemuda memiliki peran penting dalam menjaga kelestarian lingkungan. Kami berharap kegiatan ini dapat menggerakkan masyarakat luas untuk lebih peduli terhadap lingkungan di sekitar kita. Lingkungan yang bersih dan sehat adalah hak setiap orang, dan kita semua memiliki tanggung jawab untuk mewujudkannya,” ujar Arief.

Arief menambahkan, pada hari ini Pengurus Pusat Sapma Pemuda Pancasila melakukan kegiatan bersih bersih sungai berlokasi di Sungai Ciliwung, Jakarta.

“Hari ini Sapma Pemuda Pancasila dikerahkan untuk membersihkan kawasan Sungai Ciliwung, Jakarta dari limbah sampah sebelum timbulnya bencana nantinya,” tambah Arief

Sekretaris Jenderal Sapma Pemuda Pancasila Rio F Wilantara menambahkan bahwasanya kegiatan ini bukan hanya bertujuan untuk sekadar membersihkan sampah tapi juga menumbuhkan kesadaran kolektif akan menjaga lingkungan harus secara bersamaan dan dilakukan secara berkelanjutan.

“Kegiatan ini bukan hanya tentang membersihkan sampah, tetapi juga tentang membangun kesadaran kolektif mengenai pentingnya menjaga lingkungan. Kami ingin menanamkan nilai-nilai kepedulian lingkungan kepada generasi muda, agar mereka dapat terus melanjutkan perjuangan ini di masa depan. Bersama-sama, kita bisa membuat perubahan yang nyata,” tambah Rio.

Sapma mengabdi merupakan program yang akan terus dilakukan guna bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.

Ketua Pelaksana Adinda Puri menjelaskan, Sapma Mengabdi kali ini dengan tema menuju hari lingkungan hidup sedunia menargetkan sungai ciliwung sebagai sasaran untuk dibersihkan karena sudah banyak nya limbah sampah yang mencemari sungai.

“Kami bangga melihat antusiasme dan partisipasi aktif dari kader-kader Sapma di seluruh Indonesia serta peran masyarakat yang mau terlibat secara langsung. Ini adalah bukti bahwa semangat gotong royong masih sangat kuat di Indonesia,” tutur Dinda.

Sebagai tambahan informasi, Sapma Pemuda Pancasila sebelum melakukan aksi bersih – bersih serentak di beberapa wilayah sebagai aksi nyata, dari kegiatan sebelumnya bertajuk Webinar bertemakan “Gerakan Peduli Lingkungan Menuju Hari Lingkungan Hidup Sedunia” yang dihadiri dan diisi oleh Puteri Indonesia, Miss Tourism World dan Miss Elite Global.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.