Gulir ke bawah!
Nasional

Peringati Hari Lahir Pancasila, Megawati Sambangi Tempat Pengasingan Bung Karno di Ende

4192
×

Peringati Hari Lahir Pancasila, Megawati Sambangi Tempat Pengasingan Bung Karno di Ende

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sekaligus Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri akan memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada hari ini Sabtu (1/6) di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Namun, Megawati sendiri telah tiba di Ende sejak Jumat siang kemarin waktu setempat (31/5).

Silakan gulirkan ke bawah

Megawati didampingi Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Menteri PPPA Bintang Puspayoga, Ketua DPP PDIP bidang Kehormatan Komarudin, Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Herman Hery, dan Anggota DPR RI terpilih 2024 Samuel Wattimena tiba di Bandar Udara H. Hasan Aroeboesman. Hadir pula Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, hingga Penjabat (PJ) Bupati Ende Agustinus G Ngasu,

Megawati beserta rombongan pun menyempatkan untuk berkunjung ke Rumah Pengasingan Bung Karno.

Saat berada di Rumah Pengasingan Bung Karno, Megawati menyempatkan berkeliling dan melihat secara langsung barang-barang peninggalan Sang Ayah di halaman depan. Mulai dari foto-foto serta biola yang pernah dimainkan oleh Bung Karno.

Selama kurang lebih 10 menit, Megawati tampak menikmati berkeliling halaman depan Rumah Pengasingan Bung Karno.

Selanjutnya, putri Proklamator itu pun sempat melihat dari dekat tempat tidur sang ayahanda saat di Rumah Pengasingan itu. Bahkan, Megawati sempat memegang bantal yang digunakan Bung Karno saat beristirahat di situ.

Sekadar informasi, Ende terkenal dengan julukan ‘Kota Pancasila’ lantaran menjadi tempat pengasingan Bung Karno selama empat tahun di era pemerintahan kolonial atau sejak 14 Januari 1934 hingga 18 Oktober 1938, yang kemudian menginspirasi lahirnya butir-butir Pancasila.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.