Gulir ke bawah!
Tak Berkategori

Dinamika Internal MK Berpengaruh pada Hasil Sengketa Pilpres

1834
×

Dinamika Internal MK Berpengaruh pada Hasil Sengketa Pilpres

Sebarkan artikel ini
Gedung Mahkamah Konstitusi
Gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

Koma.id – Sejumlah pakar hukum memberikan tanggapan terkait peluang kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md memenangkan permohonan sengketa hasil Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK).

Pakar hukum tata negara dari Universitas Mulawarman, Herdiansyah Hamzah Castro, menyatakan bahwa peluang tersebut masih ada, tetapi sangat tergantung pada dinamika internal para hakim MK.

Silakan gulirkan ke bawah

MK telah menjadwalkan penyerahan kesimpulan sidang sengketa Pilpres pada tanggal 16 April 2024 mendatang. Herdiansyah menekankan bahwa tahap penyerahan kesimpulan tersebut dapat menguntungkan para pemohon, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebagai pemohon 1 dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md sebagai pemohon 2 dalam kasus Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres ini.

 

Ahli-ahli yang dihadirkan sebagai saksi, termasuk keterangan dari para menteri, mengarah pada argumen-argumen yang disajikan oleh Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud sebagai pemohon dalam kasus ini. Namun, pakar hukum tata negara dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Herlambang Wiratraman melihat kemungkinan hakim MK memiliki pendapat yang terbagi dalam penanganan sengketa hasil Pilpres ini.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.