Gulir ke bawah!
DaerahKeamanan

Kapolri Tinjau Kesiapan Arus Mudik Di Gerbang Tol Kalikangkung

524
×

Kapolri Tinjau Kesiapan Arus Mudik Di Gerbang Tol Kalikangkung

Sebarkan artikel ini

koma.id | Jateng – Memasuki H-7 arus mudik lebaran 2024 Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau kesiapan pos terpadu di gerbang tol Kalikangkung KM 414, Semarang, Jawa Tengah.

Dalam acara peninjauan tersebut Kapolri menekankan pentingnya pelayanan dan pengamanan selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2024/1445 H agar lancar tanpa kendala.

Silakan gulirkan ke bawah

Kapolri tiba di Pos Terpadu Ops Ketupat Candi 2024 Gerbang Tol Kalikangkung, Rabu (3/4/2024) sore. Hadir di lokasi Menko PMK Muhadjir Effendy, Menhub Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Deddy Suryadi serta Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi.

Sigit mengatakan, dari data milik Kementerian Perhubungan diperkirakan ada peningkatan jumlah pemudik hingga 56 persen pada lebaran tahun ini. Oleh karenanya, diperkirakan jumlah pemudik yang melewati Gerbang Tol Kalikangkung juga bakal meningkat 4 persen.

Adapun pada arus balik, Kapolri memprediksi adanya peningkatan hingga 1,5 persen sehingga membutuhkan perhatian khusus.

“Bagaimana kemacetan bisa terusai dengan baik, ada penambahan exit tol, system pembayaran dengan mobile reader tiket tol dengan menambah petugas untuk cepat mengurai, serta informasi jalur alternatif dengan harapan jalur alternatif itu bisa membantu kelancaran.” Ujar Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Arus Mudik Di Gerbang Tol Kalikangkung
Arus Mudik Di Gerbang Tol Kalikangkung

Kapolri menyampaikan bahwa jalan alternatif arteri juga menjadi fokus pengamanan pada saat one way diberlakukan di jalur tol, personil gabungan TNI – Polri disiagakan dalam pengamanan.

Kapolri juga menghimbau kepada pemudik untuk bisa beristirahat jika lelah.

“Agar pemudik bisa Kembali dengan selamat kami menghimbau pemudik jangan maunya cepat-cepat sampai, agar bisa istirahat dulu jika Lelah walaupun sebentar, hindari istrirahat dibahu jalan karena ini sangat berbahaya.” Tambah Kapolri.

Dari data Kementrian Perhubungan, Provinsi Jateng masih menjadi daerah tujuan mudik terbanyak yakni sebesar 31,81 % atau 61,6 juta orang, sekaligus daerah asal pemudik terbanyak ketiga sebesar 13,48 % atau 26,11 juta orang, sementara itu volume kendaraan yang diperkirakan melintasi GT Kalikangkung pada arus mudik sebesar 462.851 kendaraan, meningkat 19.344 kendaraan atau meningkat sekitar 4,4 % dari tahun 2023.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.