Gulir ke bawah!
Nasional

Presiden Terpilih, Prabowo : Kita Hormati Perbedaan Pendapat, Tapi Kita Mencari Persatuan

131
×

Presiden Terpilih, Prabowo : Kita Hormati Perbedaan Pendapat, Tapi Kita Mencari Persatuan

Sebarkan artikel ini
Prabowo
Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto di Kertanegara 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Koma.id – Calon Presiden dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto menyambut hasil pemilihan umum termasuk Pilpres 2024 yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Prabowo menyampaikan pesan persatuan terlepas perbedaan pilihan dalam proses Pemilu.

Prabowo menyampaikan pernyataan di Rumah Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Rabu malam, 20 Maret 2024. Dalam kesempatan ini, Prabowo ditemani para petinggi partai pendukung seperti Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra, dan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Kaesang Pangarep.

Silakan gulirkan ke bawah

“Kami menghormati perbedaan pendapat. Tapi kita harus mencari persatuan,” kata Prabowo.

Eks Pangkostrad ini menyatakan sudah cukup lama Indonesia dipecah kaum imperialis dan kolonialis. Prabowo menyebut dia dan Gibran Rakabuming Raka terpilih atas mandat rakyat Indonesia. “Kami akan jadi presiden dan wakil presiden rakyat Indonesia,” katanya.

Dalam pesan yang sama Prabowo menyampaikan terima kasih kepada seluruh tim dan relawan. Prabowo juga memuji kelancaran seluruh proses pemilu, mengapresiasi polisi dan tentara.

Sebelumnya, KPU telah mengesahkan rekapitulasi nasional hasil perolehan suara Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 di seluruh provinsi di Indonesia pada Rabu malam. Hasilnya, perolehan suara pasangan calon nomor urut 2, Prabowo-Gibran, unggul dibanding dua pasangan lainnya, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

Prabowo-Gibran menang di 36 provinsi dari total 38 provinsi. Sementara dua sisanya dimenangkan pasangan nomor urut 1 Anies-Muhaimin. Dua provinsi yang dimenangkan Anies-Muhaimin adalah Aceh dan Sumatera Barat. Sementara, Ganjar-Mahfud tidak mememangkan satu provinsi pun.

Berdasarkan data yang direkap, Prabowo-Gibran memperoleh 96.214.691 suara atau 58, 59 persen dari pemilih. Kemudian, di peringkat kedua terdapat pasangan Anies-Muhaimin yang meraih 40.971.908 suara. Adapun Ganjar Pranowo dan Mahfud MD meraih 27.040.878. Total suara pemilih 164.227.475.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.