Gulir ke bawah!
Nasional

Pertanyakan Efektivitas Hak Angket, Surya Paloh Utamakan Persatuan Nasional

131
×

Pertanyakan Efektivitas Hak Angket, Surya Paloh Utamakan Persatuan Nasional

Sebarkan artikel ini
Ketua NasDem Surya Paloh
Ketua NasDem, Surya Paloh.

Koma.id – Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh menyebut demokrasi Indonesia tak menganut asas musyawarah mufakat, melainkan suara terbanyak. Paloh karena itu masih mempertimbangkan jumlah suara jika fraksinya ikut mendorong hak angket.

Dia menyebut hak angket buka kali pertama diusulkan DPR. Namun dia mengaku heran hak angket untuk Pemilu 2024 terkesan sangat mendesak. Paloh menyebut hal penting bagi NasDem hingga saat ini tetap persatuan nasional.

Silakan gulirkan ke bawah

“Tapi concern NasDem itu adalah kepentingan nasional. Berulang kali saya katakan di mana saja. Persatuan nasional itu di atas kepentingan pemilu ini sendiri menurut saya,” kata Paloh dalam jumpa pers di kantor pusat partainya, Jakarta, Rabu (20/3) malam.

Ia turut mempertanyakan efektivitas hak angket yang didorong sejumlah fraksi di DPR untuk mendalami dugaan kecurangan Pemilu dan Pilpres 2024.

Paloh menyebut kekuatan fraksinya di DPR saat ini cukup terbatas. Andai mendukung hak angket, dia menyebut, hal itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap hak konstitusional setiap anggota dewan.

“Saya pikir saya harus katakan ini, dengan energi partai NasDem yang relatif masih amat terbatas, kalaupun NasDem mendorong hak angket itu semata-mata karena penghormatan kepada hak konstitusional yang dimiliki oleh seluruh anggota dewan,” ujarnya.

“Pertanyaannya masih mungkinkah efektivitas yang akan diperoleh oleh NasDem atau siapapun yang melaksanakan hak angket dalam kondisi saat ini?,” imbuhnya.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.