Gulir ke bawah!
Nasional

Mahfud MD : Apapun Hasil Pilpres Ini, Saya Tetap Berjuang untuk Demokrasi

352
×

Mahfud MD : Apapun Hasil Pilpres Ini, Saya Tetap Berjuang untuk Demokrasi

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Cawapres nomor urut 3 Mahfud Md buka suara terkait sikap yang akan diambilnya seusai Pemilu 2024. Mahfud mengatakan apa pun hasil Pilpres 2024, dirinya akan terus berjuang untuk demokrasi dan keadilan.

“Empat hari terakhir saya istirahat, sehingga banyak sekali wartawan kontak bagaimana saya dan mau apa. Saudara ini, saya mau apa? Apa pun hasil dari pilpres ini saya akan terus berjuang untuk demokrasi dan keadilan,” kata Mahfud kepada wartawan di FKUI, Salemba, Jakarta Pusat, Sabtu (17/2/2024).

Silakan gulirkan ke bawah

Mahfud mengatakan berjuang untuk demokrasi tak hanya dilakukan melalui pemilu. Dia mengatakan pemilu hanya sebagai salah satu ekspresi demokrasi.

“Jalan perjuangan untuk demokrasi dan keadilan bukan hanya pemilu. Pemilu hanya salah satu ekspresi demokrasi,” ujarnya.

Mahfud lantas mengungkap saat dirinya tak duduk dalam jabatan apa pun pada 2014-2016. Namun, saat itu dirinya tetap aktif berjuang untuk demokrasi dan penegakan hukum.

“Saya pernah tak di jabatan apa pun pada tahun 2014 sampai 2016, tetapi tetap produktif berjuang dalam demokrasi dan penegakan hukum,” ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Menko Polhukam ini mengatakan gerakan civil society dari kampus-kampus juga merupakan sumber gerakan demokrasi. Mahfud menyebut demokrasi akan selalu membuka jalannya sendiri.

“Gerakan civil society dan kampus-kampus adalah sumber gerakan demokrasi dan perubahan dari otoritarianisme menuju demokrasi. Sejarah mengajarkan bahwa jika demokrasi disumbat, demokrasi akan selalu membuka jalan sendiri. Ini sejarah kita maupun sejarah dunia,” ujarnya.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.