Gulir ke bawah!
Nasional

Hoaks Pegi Setiawan Dieksekusi Mati, Cek Faktanya

4061
×

Hoaks Pegi Setiawan Dieksekusi Mati, Cek Faktanya

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Beredar sebuah video dari channel youtube bernama AKTUAL yang menampilkan gambar thumbnail seseorang mengenakan baju tahanan sedang digandeng polisi bernarasikan Pegi Setiawan dieksekusi mati karena sudah terbukti pembunuh Vina Cirebon.

Narasi yang ditulis adalah :
GEMPAR MALAM INI..!! TITIK AKHIR PEGI DI EKSEKUSI MATI RESMI TERSANGKA PEMBUNUH VINA CIREBON

Silakan gulirkan ke bawah

BREAKING NEWS
LANGKAH AKHIR PEGI PERONG
RESMI DIEKSEKUSI MATI TERBUKTI PEMBUNUH VINA CIREBON

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang menampilkan seseorang mengenakan baju tahanan sedang digandeng polisi tersebut merupakan gambar manipulasi dari Tersangka pembunuhan wanita yang mayatnya ditemukan di Sungai Bolong, Tegalrejo, Magelang.

Gambar aslinya dimuat dalam artikel ini yang berjudul “Ini Kronologi Pembunuhan di Sungai Bolong Magelang, Pelaku Kesal Diminta Menikahi”.

Pada awal video terdapat narasi yang membahas Hotman Paris selaku kuasa hukum keluarga Vina menyebut membawa tersangka utama Pegi Setiawan ke pengadilan menimbulkan kesemrawutan kasus tersebut. Sebab, ada perbedaan antara berita acara perkara (BAP) antara 2024 dengan 2016. Narasi tersebut bersumber dari artikel ini berjudul “Hotman Paris Ungkap Fakta Baru Kasus Vina Cirebon: Membawa Pegi ke Pengadilan Bikin Semrawut”.

Selanjutnya narator juga membacakan artikel dari situs ini dengan judul “Yakin Polisi Tak Cukup Bukti, Kubu Pegi Minta HP Vina hingga CCTV Dibuka: Biar Ketemu Pembunuhnya”. Artikel ini membahas tentang Pengacara Pegi Setiawan, Toni RM meminta penyidik Polda Jawa Barat (Jabar) membuka isi ponsel Vina Cirebon dan kekasihnya, Eky.

Berdasarkan penjelasan di atas narasi dengan klaim Pegi Setiawan dieksekusi mati karena sudah terbukti pembunuh Vina Cirebon tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

Sumber : turnbackhoax.id

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.