Gulir ke bawah!
Nasional

Diundang Podcast Bisikan Rhoma Bahas Nasab Habib, Rabithah Alawiyah Malah Balik Undang Rhoma Irama

10611
×

Diundang Podcast Bisikan Rhoma Bahas Nasab Habib, Rabithah Alawiyah Malah Balik Undang Rhoma Irama

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Polemik nasab habib (Ba’alawi) masih ramai diperbincangkan di media sosial. Berawal dari terbitnya tesis KH Imaduddin Utsman Al Bantani yang menggugat keabsahan nasab Ba’alawi, wacana itu terus bergulir hingga sekarang.

Imaduddin berpandangan, nasab habib terbukti tidak tersambung ke Rasulullah berdasarkan kajian nasab, pustaka hingga hasil tes DNA.

Silakan gulirkan ke bawah

Sementara Rabithah Alawiyah, organisasi yang menaungi dan mencatat nasab habib di Indonesia belum juga menjawab tesis atau pertanyaan yang diajukan KH Imaduddin secara resmi.

Wacana itu pun menarik perhatian Raja Dangdut Rhoma Irama. Ia ikut mengangkat polemik nasab baalwi ke dalam podcastnya dengan akun Rhoma Irama Official.

Satu persatu narasumber dari kedua belah pihak, baik dari kubu KH Imaduddin maupun kubu habib dia undang.

Ia mengundang Rumail Abbas, peneliti muda yang kontra terhadap tesis KH Imaduddin dengan argumen yang menguatkan posisi baalwi.

Sementara dari kubu penggugat nasab baalwi, Rhoma mengundang langsung KH Imaduddin Utsman Al Bantani, aktor utama dalam pusaran polemik ini.

Rhoma juga mengundang pakar Filologi Dr. Menachem Ali serta pakar genetika Dr. Sugeng Sugiharto untuk mengungkap keabsahan nasab baalwi dari sudut pandang keilmuan lain.

Rhoma mengaku tetap independen di tengah polemik ini. Ia mencoba menjadi mediator atau fasilitator untuk permasalahan umat ini.

“Bisikan Rhoma bersifat independen, kita fasilitator, mediator terhadap masalah yang bergulir di masyarakat, ” kata Rhoma dalam podcast nya

Agar informasi yang disuguhkan berimbang, Rhoma pun tak segan mengundang Ketua Rabithah Alawiyah (RA) Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf ke dalam podcastnya.

Ia bahkan berkirim surat resmi ke RA agar yang bersangkutan mau hadir di acaranya.

Setelah beberapa waktu menunggu jawaban, Rhoma akhirnya menerima surat balasan dari RA. Namun sayang, isi surat tidak sesuai harapan.

Dalam surat resmi itu, RA menyatakan tidak bisa memenuhi undangan podcast Rhoma Irama karena alasan tertentu.

RA bahkan menyarankan Rhoma untuk berkunjung ke kantor RA jika ingin memperdalam tentang ilmu nasab.

“Disayangkan beliau tidak bisa menghadiri (podcast). Bahkan meminta saya untuk datang kesana, ” katanya.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.