Gulir ke bawah!
Nasional

Hoaks Anies Murtad & Gelar Kebaktian di Rumahnya

5371
×

Hoaks Anies Murtad & Gelar Kebaktian di Rumahnya

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Akun Facebook Agung Nur Ilham memposting sebuah video yang memperlihatkan beberapa orang sedang bernyanyi penggalan lagu “Bagi Tuhan Tak Ada Yang Mustahil” berikut lirik yang dinyanyikan “Bagi Tuhan tak ada yang mustahil. Bagi Tuhan tak ada yang tak mungkin. Mujizat-Nya….”. Pada video tersebut juga nampak Anies yang berada di tengah-tengah kumpulan orang yang sedang bernyanyi. Terdapat klaim pada caption postingan bahwa Anies mengadakan kebaktian gereja di rumahnya.
Narasi yang ditulis adalah:

“Anies Murtad Adakan Kebaktian Gereja Di Rumahnya, Coba Ini Ganjar Cocotnya Kadrun Ramai Sampai Langit Ke 7.
Gimana ini?
Apa Kaum Kam’pret & Ka’Drun, tetap harus teriak Tak’Bir ?!”

Silakan gulirkan ke bawah

Setelah ditelusuri menggunakan kata kunci “Anies mengadakan kebaktian di rumahnya” ditemukan artikel yang membahas hal tersebut. Melansir dari laman ini, video tersebut merupakan video saat Anies didoakan umat Kristiani di sela-sela acara pertemuan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Badan Persaudaraan Antariman (Berani), 15 September 2023.

Video tersebut identik pada video yang berada dalam artikel ini berjudul “Viral Anies Didoakan Umat Nasrani, PKB Bicara Pentingnya Persaudaraan” 18 September 2023. Video tersebut dikatakan identik karena baik baju yang dikenakan dan lukisan Diponegoro yang ada di belakang Anies pada video postingan dan video pada artikel menunjukkan kesamaan. Melansir dari detik.com, ketua DPP PKB Daniel Johan mengungkapkan video tersebut menjadi bukti bahwa Anies adalah orang yang memahami Islam dengan baik. Umat dari agama lain ikut mendoakan Anies dan Cak Imin agar diberi kekuatan dan kesehatan, imbuhnya.

“Pak Anies itu muslim yang baik dan taat, yang memahami Islam rahmatan lil alamin, itu yang mendorong sebagian umat Kristiani terharu dan ikut mendoakan agar pasangan Anies Muhaimin diberi kekuatan dan kesehatan, bisa menjadi bapak bagi segenap warga, dan mampu memuliakan Islam di tempat terbaiknya. Itu yang dijelaskan para pendeta dan umat yang hadir saat itu,” kata Daniel dalam keterangan tertulis.

Dengan demikian klaim video Anies mengadakan kebaktian di rumahnya merupakan hal yang tidak benar. Video tersebut merupakan Anies didoakan umat Kristiani di sela-sela acara pertemuan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Badan Persaudaraan Antariman (Berani), sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Sumber : turnbackhoax.id

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.