Gulir ke bawah!
Nasional

WWF ke-10 di Bali Berjalan Sukses, Putu Rudana Apresiasi Pemerintahan Jokowi

5633
×

WWF ke-10 di Bali Berjalan Sukses, Putu Rudana Apresiasi Pemerintahan Jokowi

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Anggota biro komite Inter-Parliamentary Union (IPU) untuk Pembangunan Berkelanjutan, Putu Supadma Rudana mengapresiasi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sukses menggelar World Water Forum (WWF) atau Forum Air Dunia ke-10 di Bali.

“Kami mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, khususnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang menginisiasi World Water Forum ke-10 dilaksanakan di Indonesia, Bali,” kata Putu Rudana melalui keterangannya pada Jumat (24/5).

Silakan gulirkan ke bawah

Anggota DPR RI asal Bali itu juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh aparat keamanan, baik Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian, serta Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

“Tentunya, para aparat keamanan baik TNI, Polri, Paspampres serta jajarannya telah melaksanakan pengamanan dan pengawalan kegiatan WWF ke-10 di Bali ini dengan baik, sehingga event internasional bisa lancar dan aman,” ujar Anggota Komisi VI DPR RI itu.

Sebagai wakil ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Rudana juga memberikan apresiasi kepada rekan-rekannya di parlemen RI yang ikut serta menyukseskan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) IPU terkait Forum Air Dunia tersebut.

“Ini sebagai bentuk kolaborasi antara DPR dengan pemerintah untuk menyelenggarakan KTT World Water Forum ke-10 di Bali. Ini momen bersejarah, baru pertama kali dari 10 kali penyelenggaraannya, World Water Forum mengadakan pertemuan tingkat parlemen yang secara resmi menggandeng DPR RI sebagai host dan Inter-parliamentary union (IPU),” tuturnya.

Putu juga mengaku terus berkoordinasi Menteri PUPR Basuki mewakili pemerintah dalam pelaksanaan WWF ke-10 di Bali, termasuk dengan Parlemen Dunia (IPU) agar IPU turut serta berperan dalam forum air dunia tersebut.

“Inilah hasilnya, first parliamentary meeting World Water Forum yang ke-10 bisa terwujud,” ucapnya.

Sebagai rapporteur yang memiliki tanggung jawab terhadap keseluruhan laporan parliamentary meeting itu, Putu menyampaikan sejumlah poin penting yang menjadi sorotan dalam WWF ke-10 di Bali.

Pertama, memastikan air sebagai salah satu agenda utama parlemen dan mendorong dialog parlemen di tingkat regional dan internasional.

Kedua, perspektif komunitas dan populasi lokal penting dalam upaya global kami untuk memastikan keadilan dan keamanan air, dan memastikan bahwa tiap langkah yang diambil disesuaikan dengan kebutuhan lokal dan mempertimbangkan pengetahuan tradisional.

Ketiga, pengelolaan air berkelanjutan memainkan peran penting untuk membangun ketahanan masyarakat dan ekosistem serta mendukung adaptasi perubahan iklim sejalan dengan tujuan iklim yang disepakati secara internasional.

Keempat, karena tantangan terkait air melampaui batas negara, kebutuhan akan peningkatan diplomasi dalam mengelola sumber daya air, berbagi pengetahuan dan praktik baik untuk mengatasi ketahanan air menjadi semakin mendesak.

“Oleh karena itu, tugas kita sebagai parlemen memprioritaskan tindakan terhadap air guna mewujudkan komitmen yang tertuang dalam SDG’s 2030, dan visi dunia yang adil dan sejahtera saat ini dan untuk generasi mendatang,: ujar Putu Rudana.

Di samping itu, Putu juga berterima kasih kepada masyarakat Bali dan pemeirntah daerah yang telah menyambut dengan hangat kehadiran para kepala negara serta delegasi WWF ke-10 yang diharapkan juga memberikan pemasukan bagi pemda dan perekonomian warga.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.