Gulir ke bawah!
BeritaDaerah

Jelang Idul Adha Harga Sapi Naik 1-2 Juta Perekor Di Purwakarta

15196
×

Jelang Idul Adha Harga Sapi Naik 1-2 Juta Perekor Di Purwakarta

Sebarkan artikel ini

Koma.id | Purwakarta – Meski hari raya Idul Adha masih sekitar satu bulan lagi namun harga hewan kurban jenis sapi di pasar hewan ciwareng, Purwakarta, Jawa Barat sudah mengalami kenaikan harga dikisaran Rp. 1-2 juta/ekor.

Untuk sapi layak kurban yang biasanya dijual Rp. 15 juta per ekor saat ini menjadi Rp. 16 juta per ekor, selain itu juga ada yang Rp. 20 juta per ekor hingga Rp. 22 juta per ekor, hal ini tergantung pilihan pembeli.

Silakan gulirkan ke bawah

Menurut pedagang naiknya harga sapi ini sudah biasa setiap menjelang Idul Adha, bahkan akan kembali naik saat mendekati hari H dan baru akan kembali stabil pasca hari raya Idul Adha.

Meski harganya mahal namun hewan kurban sapi di pasar hewan ini laris, para pedagang pun mengaku mendapat keuntungan lebih besar dari biasanya.

Pasar Hewan Ciwareng, Purwakarta, Jawa Barat
Pasar Hewan Ciwareng, Purwakarta, Jawa Barat

“ya Alhmdulillah laris, mudah-mudahan sampe nanti dan yang bayak dicari sekitar 20, 21, 22 juta tapi yang lain juga laku sih. Tentu ada kenaikan untuk biasa makan dan perawatan.” Ujar Nati, salah satu pedagang hewan kurban. Senin (13/05/2024).

Selain harga sapi mengalami kenaikan menjelang hari raya Idul Adha, jumlah transaksi hewan sapi di pasar hewan ini juga mengalami kenaikan sekitar 100 ekor dari hari biasa, sedangkan sapi yang dijual pasar tersebut kebanyakan dari luar Jawa Barat, yakni dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Kami ambil dari Pati, Jember, Banyuwangi terus dari lokalnya Purwakarta, Kersen, Subang, Indramayu.” Kata Asep Sunarma, Kepala UPTD Pasar hewan Ciwareng Purwakarta.”

Asep menambahkan bahwa hewan-hewan yang masuk pasar hewan Ciwareng Purwakarta diberikan vaksin agar hewan kurban dalam kondisi sehat selama berada di kendang dan hewan tersebut aman untuk dikonsumsi.

 

 

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.