Gulir ke bawah!
Nasional

Hoaks Aceh Keluar dari NKRI Pasca Prabowo Ditetapkan sebagai Presiden Terpilih

4454
×

Hoaks Aceh Keluar dari NKRI Pasca Prabowo Ditetapkan sebagai Presiden Terpilih

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Beredar sebuah unggahan video di media sosial X dengan narasi yang menyebut bahwa setelah Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dinyatakan menang sebagai presiden dan wakil presiden terpilih, Provinsi Aceh langsung mengibarkan bendera bulan bintang Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan menyatakan Provinsi Aceh keluar dari Negara Indonesia.

Dilansir dari laman ini, narasi terhadap video yang menyebut Provinsi Aceh kibarkan bendera GAM menyatakan keluar dari Indonesia setelah penetapan Prabowo sebagai presiden merupakan keliru.

Silakan gulirkan ke bawah

Faktanya, berdasarkan hasil penelusuran, video serupa pernah diunggah kanal YouTube ini pada Desember 2023 dengan judul “Diiringi Azan, Bendera Bulan Bintang Berkibar saat Perayaan HUT GAM | tvOne Minute”. Dalam keterangannya disebutkan, bendera bulan bintang berkibar selama dua jam dalam pelaksanaan ulang tahun Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ke-47 di Lapangan Sirong, Kecamatan Syamtalira Aron, Kabupaten Aceh Utara, pada 4 Desember 2023. Kejadian dalam video tersebut sama sekali tidak terkait dengan hasil Pemilihan Umum 2024 atau penetapan presiden dan wakil presiden.

Sumber : Kominfo

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.