Gulir ke bawah!
Nasional

Polri Pastikan Situasi Kondusif Jelang Pengumuman Hasil Pemilu 2024

2096
×

Polri Pastikan Situasi Kondusif Jelang Pengumuman Hasil Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Komjen Pol Muhammad Fadil Imran saat melakukan RDP dengan Komisi III DPR RI pada hari Rabu, 15 November 2023.

Koma.id – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Fadil Imran memastikan situasi di tengah masyarakat jelang penetapan hasil pemilu 2024 aman dan terkendali. Polri telah melakukan sejumlah pemetaan untuk memastikan situasi kondusif.

“Situasi sampai dengan saat ini berdasarkan laporan yang kami terima dari jajaran, situasi kondusif, situasi aman,” kata Fadil ketika melakukan kesiapan pengamanan di Gedung KPU, Jakarta, Senin (18/3/2024).

Silakan gulirkan ke bawah

Fadil meminta agar semua pihak menghormati hasil pemilu yang sedang direkapitulasi oleh KPU. Jika ada sengketa, penyelesaiannya ditempuh sesuai prosedur yang berlaku.

“Kita semua harus bersatu menerima apa yang menjadi pilihan rakyat. Jika ada hal-hal yang terkait dengan sengketa kepemiluan, ada jalur-jalur penyelesaian di MK (Mahkamah Konstitusi),” ujarnya.

Polri saat ini telah menyiapkan rencana pengamanan di sekitar MK apabila dilakukan sidang sengketa hasil pemilu. Fadil mengaku sudah menyiapkan sejumlah personil, baik dari Mabes Polri maupun dari Polda Metro Jaya.

“Kami juga sudah menyusun rencana pengamanan untuk mengawal jalannya rangkaian, setidaknya akan dilaksanakan di MK terkait dengan sengketa hasil Pemilu,” kata Fadil.

Untuk diketahui, Polri telah membentuk satgas preventif untuk mengamankan pengumuman hasil penghitungan suara Pemilu 2024. Satgas preventif yang merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata 2023-2024 yang di dalamnya adalah tim intinya Korsabhara Baharkam Polri bersama dengan Polda Metro Jaya. Jumlah personel yang diturunkan sebanyak 4992 orang.

Ada pun proses rekapitulasi perolehan suara tingkat nasional pemilu 2024 hampir selesai. Berdasarkan ketentuan Peraturan KPU (PKPU) nomor 3 tahun 2022, proses rekapitulasi akan selesai pada 20 Maret 2024.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.