Gulir ke bawah!
Olahraga

Jersey Baru Timnas Indonesia Dirilis, Makin Keren!

3406
×

Jersey Baru Timnas Indonesia Dirilis, Makin Keren!

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Timnas sepakbola Indonesia punya jersey anyar. Dirilis Erigo Sport (Erspo), selaku penyedia, jersey terbaru timnas itu resmi diluncurkan di Bengkel Space, SCBD, pada Senin (18/3/2024) siang.

Kostum Skuad Garuda itu tetap didominasi warna merah. Jersey merah dengan kerah bundar dan garis aksen warna putih menghiasi kostum Timnas Indonesia.

Silakan gulirkan ke bawah

Logo di dada kiri jersey timnas Indonesia dilengkapi dengan shield serta lambang garuda. Kostum ini bakal menjadi jersey kandang atau seragam utama tim seperti tradisi.

Para pemain Timnas Indonesia mengenakan jersey baru yang akan mereka kenakan saat peluncuran. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan berlenggak-lenggok bak model. Terdapat pula Shin Tae Yong yang mengenakan jaket.

Selain itu dipamerkan pula baju luar lapangan, seperti baju latihan yang hadir dalam berbagai warna, jaket, dan rompi yang sebelumnya sudah lebih dulu ditampilkan di media sosial. Menyusul kemudian produk-produk yang dikhususkan untuk anak-anak.

Saat peluncuran jersey, hadir Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Menurut Erick Thohir, PSSI dan Erspo sudah melakukan kerja sama pada 22 Januari. Erspo nantinya bakal menyuplai kebutuhan Timnas Indonesia dua tahun ke depan.

Proses kerja sama PSSI dan Erspo, menurut Erick juga sangat transparan. Proses tender hampir diikuti 20 brand.

“Ini pertama kali karena memang kita dorong PSSI bukan hanya untuk meningkatkan value PSSI dan sponsor, tetapi juga transparansi. Dan nilainya ini Rp16,5 miliar, di mana ada cash Rp5 miliar. Dan yang paling terbaru ada istilahnya royalti. Ini belum pernah selama ini,” ujar Erick soal kerja sama dengan Erspo.

Desainer jersey timnas Indonesia dari Makna Kreatif, Steven, menjelaskan filosofi dari shield yang melindungi gambar garuda. “Tidak banyak yang kami modifikasi. Kami akan mempertahankan shield,” kata Steven dalam agenda peluncuran jersey.

Menurut Steven Shield-nya masih sejalan dengan simbol bangsa Indonesia yang memberikan kekuatan dan perlindungan bagi timnas Indonsaia.

“Lalu, di atas shield badge kami berikan nama collective bond yang artinya persatuan dan perjuangan tiada henti,” lanjut dia.

Menurut Steven, gambar burung garuda disematkan untuk menggambarkan kekayaan bangsa Indonesia. “Lalu ada simbol burung garuda, ini simbol kekuatan dan kemegahan bangsa Indonesia,” ungkap Steven.

Sementara itu, pemilik Erspo, Muhammad Sadad, mengatakan bahwa jersey timnas Indonesia saat ini terinspirasi saat skuad Garuda menang melawan Jepang pada tahun 1981. “Timnas Indonesia memanggil. Dari dulu memang sudah cinta timnas, diberikan kesempatan, ya diambil,” kata Sadad

“Ini inspirasi ketika timnas Indonesia menang menghadapi Jepang 1981,” lanjut dia.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.