Gulir ke bawah!
NasionalPolitik

Peluang Jokowi-Gibran Pimpin Golkar, Begini Kata Aburizal Bakrie 

393
×

Peluang Jokowi-Gibran Pimpin Golkar, Begini Kata Aburizal Bakrie 

Sebarkan artikel ini
Jokowi di Cilangkap
Presiden Joko Widodo di Jakarta Timur.

Koma.id -Kabar heboh mengguncang dunia politik Tanah Air. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama calon wakil presiden Gibran Rakabuming, dikabarkan akan menjadi bagian dari Partai Golkar yang prestisius.

Isu ini langsung disikapi oleh Ketua Dewan Pembina Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Golkar, Aburizal Bakrie, atau yang akrab disapa Ical.

Silakan gulirkan ke bawah

Ical menegaskan bahwa meskipun Jokowi atau Gibran bisa saja menjadi bagian dari Golkar, namun belum tentu mereka akan menjadi ketua umumnya.

Pasalnya, Golkar memiliki AD/ART atau aturan internal partai yang mengatur syarat jadi ketua umum.

“Kalau (jadi) ketum itu ada aturannya. (Harus kaderisasi selama lima tahun) ya dong. Namanya juga organisasi,” kata Ical di Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (16/2/2024).

 

Namun, Ical memberikan harapan bahwa ada jalan bagi Jokowi dan Gibran untuk menduduki kursi tertinggi di Partai Golkar. Salah satunya adalah dengan mengubah aturan AD/ART di internal partai, jika semua provinsi menginginkan hal tersebut.

 

“(Ubah AD/ART untuk Jokowi atau Gibran jadi ketua umum Golkar) ya mungkin saja kalau mau. Kalau seluruh (pengurus Golkar) di seluruh daerah mau, ya mau,” kata Ical.

 

Meski demikian, jika tidak melalui jalan tersebut, Ical menegaskan bahwa Jokowi atau Gibran masih memiliki peluang menjadi Ketua Golkar dengan menempuh proses kaderisasi selama lima tahun, sebagaimana kader Golkar lainnya.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.