Gulir ke bawah!
HeadlineNasional

Capres IKN Jadi Syarat Kumpulan Airlangga Cs, Batu Loncatan ‘Menggemukkan’ Oligarki

7197
×

Capres IKN Jadi Syarat Kumpulan Airlangga Cs, Batu Loncatan ‘Menggemukkan’ Oligarki

Sebarkan artikel ini
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Jakarta, Koma.Id – Pernyataan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, bahwa syarat bagi calon presiden (capres) yang akan diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di 2024 adalah siap melanjutkan program ibu kota negara (IKN), kesannya menjadi syaratnya sempit.

Bahkan, itu sama saja sebagai batu loncatan ‘menggemukkan’ atau mensejahterakan oligarki di republik ini.

Silakan gulirkan ke bawah

Demikian kata Pengamat Kebijakan Publik, Achmad Nur Hidayat, dalam diskusi bertajuk ‘Jangan Salah Arah: Erick-Ganjar Capres IKN, Masa Sih?’ di channel YouTube Achmad Nur Hidayat, dikutip Koma.Id, Sabtu (11/6/2022).

“Harusnya syaratnya yang bisa sejahterakan rakyat. Harus ingat dong Pak, kan yang milih rakyat, bukan oligarki. Jadi harus sejahterakan rakyat dong, bukan oligarki,” ucap Achmad Nur Hidayat.

Achmad Nur Hidayat menilai, ada yang salah arah soal persyaratan melanjutkan IKN versi KIB yang dimentori oleh Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, dan Partai Persatuan Pembangunan tersebut.

“Yang setuju kan hanya oligarki. Ini seperti orang yang kebelet dapet logistik, kalau narasi ini dibawa ke publik ya pasti ini tidak akan dipilih,” cetusnya.

Menurut, Achmad Nur Hidayat, bila mengaitkan duet Ganjar Pranowo-Erick Thohir di Pilpres 2024, tampaknya restu dari para oligarki atau pemilik modal sangat tinggi lantaran merujuk pada berbagai kebijakan saat ini yang dianggap hanya menguntungkan kelompok tertentu.

“Mereka ini sudah menyiapkan tim jauh-jauh hari. Kalau koalisi KIB ini masih ada ya pasti mencalonkan Ganjar dan Erick,” pungkasnya.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.