Gulir ke bawah!
Polhukam

Hasto 4 Jam Diperiksa KPK, Ngaku Belum Ditanya Substansi Kasus Harun Masiku

6026
×

Hasto 4 Jam Diperiksa KPK, Ngaku Belum Ditanya Substansi Kasus Harun Masiku

Sebarkan artikel ini
Hasto Kristiyanto di KPK
Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto di KPK

KOMA.ID, JAKARTA – Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengaku belum diperiksa terkait dengan substansi kasus yang menyeret Harun Masiku oleh tim penyidik dari KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi).

Ia mengaku selama 4 jam berada di ruang penyidik, Hasto hanya merasakan kedinginan saja tanpa adanya kejelasan dari penanganan perkara yang membuatnya harus dihadirkan sebagai saksi.

Silakan gulirkan ke bawah

“Saya di dalam ruangan yang sangat dingin hampir sekitar 4 jam dan bersama penyidik face to face itu paling lama satu setengah jam, sisanya ditinggal kedinginan dan kemudian pemeriksaan saya belum masuk materi pokok perkara,” kata Hasto saat keluar dari gedung Merah Putih di Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (10/6).

Bahkan di tengah-tengah agenda di gedung KPK, Hasto sempat bersitegang dengan penyidik karena mendadak ada penyitaan unit ponsel pribadinya yang saat itu tengah dibawa oleh staf pribadinya.

“Di tengah-tengah itu kemudian staf saya yang namanya Kusnadi itu dipanggil, katanya untuk bertemu dengan saya. Tetapi kemudian tasnya dan handphone-nya atas nama saya itu disita hingga kemudian kami tadi berdebat,” ujarnya.

Beruntung penyitaan secara sepihak dan diduga tanpa prosedur yang benar oleh tim penyidik KPK itu pun berhasil dibendung. Ia sangat ingin diperlakukan sebagainya mestinya tanpa ada pelanggaran prosedur yang dilakukan oleh para penyidik dari lembaga antirasuah itu.

“Karena sepengetahuan saya sebagai saksi di dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana, saya berhak untuk didampingi penasihat hukum dan kemudian akhirnya ya saya memutuskan bahwa pemeriksaan nantinya untuk dilanjutkan pada kesempatan lain,” terang Hasto.

“Kemudian ada handphone, saya menyatakan keberatan atas penyitaan handphone tersebut ya karena segala sesuatunya didasarkan sesuai dengan hukum acara pidana,” sambungnya.

Oleh sebab itu, dirinya memang belum memberikan keterangan substantif dalam kapasitasnya sebagai saksi dalam perkara yang menyeret Harun Masiku tersebut.

Pun demikian, Hasto menyatakan siap hadir kembali jika penyidik masih ingin memeriksanya di kemudian hari.

“Akhirnya ya kami menyampaikan ya kalau gitu nanti pada kesempatan lain kami akan datang memenuhi undangan dari KPK sebagai wujud tanggung jawab dan komitmen kami sebagai warga negara,” pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari pihak KPK terkait dengan insiden pemeriksaan Hasto Kristiyanto tersebut.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.