Gulir ke bawah!
EntertainmentLife Style

Jakarta X Beauty 2024 Kembali Hadir, Kesempatan UMKM Unjuk Kualitas

8908
×

Jakarta X Beauty 2024 Kembali Hadir, Kesempatan UMKM Unjuk Kualitas

Sebarkan artikel ini
Jakarta X Beauty 2024 mulai hari Kamis-Minggu, 6-9 Juni 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). (dok.JXB2024)

Koma.id – Beauty enthusiast bergegas!  Bazar kecantikan tahunan Jakarta X Beauty (JXB) kembali hadir mulai hari Kamis-Minggu, 6-9 Juni 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). Event ini diikuti 400 brand lokal dan internasional dan dihadiri oleh pecinta kecantikan, pelaku bisnis, serta publik figur. JXB 2024 hadir dengan mengusung tema “Future of Beauty” dengan berfokus pada keberlanjutan, inovasi, dan inklusivitas.

Dalam pembukaan JXB 2024 ini dihadiri oleh Staf Khusus Menteri Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM, Fiki Satari, yang mengatakan kementeriannya sangat mendukung pertumbuhan UMKM kecantikan dan perawatan diri. Ia menyampaikan 3 poin utama tentang UMKM kecantikan dan perawatan diri yang memiliki kesempatan bersaing di pasar internasional.

Silakan gulirkan ke bawah

“Pertama adalah pemerintah sudah membuat regulasi untuk melindungi pasar lokal agar UMKM bisa bersaing dengan produk asing. Kedua, KemenKopUKM juga memediasi akses pembiayaan melalui mitra seperti inkubator, agregator, akselerator, dan enabler. Poin terakhir, KemenKopUKM sudah membuat inisiatif Rumah Produksi Bersama (RPB) dari hulu ke hilir. Contoh dari RPB adalah salah satu bahan baku essential oil yaitu Nilam yang berlokasi di Aceh,” jelas Fiki.

Dikesempatan yang sama hadir pula CEO Female Daily, Hanifa Ambadar, dan CEO Group of ParagonCorp, Harman Subakat. Sejalan dengan KemenKopUKM, Harman Subakat pun meyakini bahwa produk-produk yang dimiliki di bawah naungan perusahaannya bisa semakin dikenal di luar negeri dalam beberapa tahun ke depan.

“Produk-produk kami selain di Indonesia, juga sudah dikenal di Malaysia. Hal ini membuktikan kalau memang produk Paragon memiliki kualitas yang tidak kalah baiknya dengan brand luar negeri,” ujarnya. Ia mengungkapkan pihaknya selalu mengedepankan inovasi dan menciptakan tren. Serta mendengarkan masukan dari para pelanggan supaya produk-produknya bisa terus maju.

Harman menambahkan bahwa event kecantikan Jakarta X Beauty 2024 menjadi wadah yang tepat dan sangat dibutuhkan bagi brand-brand kecantikan. Lewat event ini brand-brand kecantikan bisa semakin dikenal oleh masyarakat banyak dan menumbuhkan semangat untuk membanggakan Indonesia dengan produk-produk lokal berkualitas.

Sementara, CEO Female Daily Network, Hanifa Ambadar, mengatakan tahun ini Jakarta X Beauty 2024 membawa tiga pesan utama yaitu Keberlanjutan, Inovasi, dan Inklusivitas. “Tema ini merupakan pemberdayaan UMKM kecantikan berdaya saing internasional. Kami meyakini dengan ketiga pilar tersebut bisa mewujudkan masa depan kecantikan Indonesia yang selalu mengikuti tren global agar dapat bersaing secara internasional, dan pada akhirnya memberikan kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi lewat sektor kecantikan dan perawatan diri,” jelas Hanifa.

Ia menjelaskan perkembangan industri kecantikan meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Terlihat dengan adanya peningkatan pertumbuhan pelaku kosmetik sebesar 2,19% menurut BPOM dan nilai ekspor kosmetik, wewangian serta essential oils yang tercatat mencapai USD 770,8 juta.

Diakhir kesempatan, Fiki Satari menuturkan bahwa pemerintah akan selalu mendukung kemajuan industri di Indonesia, terutama UMKM kecantikan dan perawatan diri, supaya bisa dengan mudah dikenal secara internasional. Salah satunya juga dengan mempermudah pendaftaran BPOM bagi UMKM melalui Smesco Indonesia, sebagai Badan Layanan Umum (BLU) di bawah KemenKopUKM.

Untuk menghadiri event ini, tiket bisa didapatkan secara online melalui website resminya di https://jakarta.xbeauty.id/#ticket . Tiket dijual dengan tiga kategori yang berbeda, berikut rincian harga tiket event kecantikan JXB 2024.

  • Silver – Day Pass: Rp 30.000
  • Gold – 4 Day Pass: Rp 80.000
  • Platinum – 4 Day Pass + totebag eksklusif: Rp 115.000
Jangan lupa temukan juga kami di Google News.