Gulir ke bawah!
Berita

Terlalu Lama Buron, Justru Merugikan Harun Masiku

5502
×

Terlalu Lama Buron, Justru Merugikan Harun Masiku

Sebarkan artikel ini

Koma.id- Pelarian buronan Harun Masiku yang terus-menerus melarikan diri dari proses hukum justru lebih merugikan dirinya sendiri. Bahkan Masiku yang merupakan tersangka dalam kasus suap dalam pergantian anggota DPR kasusnya, tidak mungkin ada pengambilan aset yang akan membuat mantan calon legislatif dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menjadi miskin.

“Ini kan pasal suap, suap menyuap tidak ada asset recovery yang bisa kemudian diambil apalagi kemudian dia kan pemberi suap,” kata Juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri, Rabu (5/6/2024).

Silakan gulirkan ke bawah

Ia menegaskan bahwa hakim sering memberikan vonis pidana pengganti bagi terpidana kasus suap. Namun, hukuman itu berlaku untuk penerima, sementara Harun adalah pemberi.

Untuk itu, pelarian Harun dianggap lebih merugikan daripada menjalani proses hukum secara wajar. KPK juga tidak akan mempertimbangkan persidangan in absentia karena kasus ini tidak melibatkan kerugian keuangan negara.

“Kita bicara pembuktian sebenarnya sangat mudah cuma memang orang yang akan dibawa dalam proses persidangan ini yang KPK bisa lebih optimal sehingga nanti bisa dipertanggungjawabkan secara hukum ya,” ucap Ali.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.