Gulir ke bawah!
Teknologi

Kerennya Spacetop G1, Laptop Canggih Tanpa Layar Fisik

7729
×

Kerennya Spacetop G1, Laptop Canggih Tanpa Layar Fisik

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Setelah melakukan pengembangan selama lebih dari tiga tahun, perusahaan teknologi Sightful akhirnya meluncurkan Spacetop G1, sebuah laptop tanpa layar fisik.

Laptop yang oleh perusahaan dikatakan disiapkan untuk era komputasi spasial, bekerja dengan sepasang kacamata AR khusus dari Xreal yang terhubung ke sesuatu yang menyerupai bagian bawah laptop, lengkap dengan keyboard dan trackpad.

Silakan gulirkan ke bawah

“Spacetop G1 memberi pengguna apa yang paling mereka butuhkan: ruang untuk melakukan pekerjaan terbaik mereka di mana saja,” kata Tamir Berliner, CEO Sightful, dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari GameBeat, Sabtu (1/6).

“Hasilnya adalah perubahan besar pada pasar laptop, yang hanya mengalami perubahan bertahap selama beberapa dekade dan jalur adopsi penting untuk membawa komputasi spasial ke dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Sightful mengatakan perangkat ini memungkinkan pengguna menggunakan layar virtual hingga 100 inci, mirip dengan tampilan kacamata virtual Vision Pro milik Apple.

Hadir dengan prosesor Qualcomm Snapdragon QCS8550, Spacetop G1 dibekali RAM 16GB dan penyimpanan 128GB.

Perangkat tersebut mencakup sepasang layar OLED 1920×1080 dengan kecepatan refresh 90Hz, bidang pandang 50 derajat, dan 42 PPD (piksel per derajat). Mereka juga menyertakan sistem speaker telinga terbuka 6W Xreal.

Laptop ini dilengkapi dua port USB-C, yang terhubung ke periferal seperti monitor mandiri. Di bagian konektivitas G1 mendukung WiFi 7, Bluetooth 5.3, kartu SIM, 5G, dan 4G. Baterainya diklaim mampu bertahan hingga 8 jam pemakaian.

Sistem operasi Spacetop G1 dibangun di atas ChromiumOS dan dirancang untuk navigasi melalui pilihan gerakan. Perangkat ini juga dilengkapi dengan kamera 5MP internal untuk panggilan video.

Dibanderol 1.900 dolar AS (Rp30,8 juta), perangkat ini sudah bisa dipesan secara pre-order dan akan mulai dikirim akhir 2024.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.