Gulir ke bawah!
KesehatanLife StyleRagam

Menjaga Kesehatan Si Buah Hati dari Makanan Banyak di Hari Lebaran

20567
×

Menjaga Kesehatan Si Buah Hati dari Makanan Banyak di Hari Lebaran

Sebarkan artikel ini

Koma.id | Jakarta – Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri, tidak bisa dipungkiri bahwa meja makan kita sering dipenuhi dengan berbagai jenis makanan lezat dan menggugah selera.

Namun, di tengah berlimpahnya pilihan makanan, menjaga kesehatan si buah hati tetap menjadi prioritas utama bagi setiap orangtua.

Silakan gulirkan ke bawah

Pemerhati anak sekaligus dokter di Rumah Sakit Bhakti Kartini dr. Titi Anggraeni memberikan tips dan saran tentang bagaimana cara menjaga kesehatan si buah hati dari makanan yang berlimpah di hari Lebaran, mengingat makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak selama perayaan Lebaran sering kali tergoda untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi gula dan lemak.

BACA JUGA : Pengajian Liburan Anak Memberikan Aktifitas Positif di Masa Liburan

“Ajari anak makan bola yang stabil, karena terlalu banyak makan yang berlemak ataupun mengandung banyak gula akan mengakibatkan anak-anak jadi obisitas, pastikan anak juga mengkonsumsi serat seperti buah dan sayur.” Ujar dr.Titi yang juga pendiri Let’s Grow Tumbuh Kembang Anak.

Sang dokter juga menekankan pentingnya komunikasi terbuka antara orangtua dan anak-anak tentang pola makan yang sehat dan sertakan informasi tentang nilai gizi dan dampak negatifnya bagi kesehatan anak-anak.

Jangan ragu untuk berbicara dengan anak-anak tentang pentingnya makanan sehat dan bagaimana makanan tertentu dapat memengaruhi kesehatan tubuh mereka. Ajak mereka berpartisipasi dalam memilih dan menyiapkan makanan sehat untuk disantap bersama.

BACA JUGA : Wakil Ketua MPR : Idul Fitri adalah Momen Perkokoh Kebersamaan Anak Bangsa

“Kesehatan si buah hati adalah aset yang berharga bagi setiap keluarga. Dengan menjaga pola makan yang sehat, kita dapat memastikan bahwa mereka tetap aktif, bahagia, dan sehat selama perayaan Lebaran.” Tambah dr. Titi. Jumat (12/4/2024)

Kembali dr. Titi mengingatkan untuk mengajak Kesehatan dengan membiasakan anak untuk mencuci tangan sebelum makan.

“Biasakan anak-anak mencuci tangan sebelum mengkosumsi apapun yang akan masuk kedalam mulutnya, karena hal tersebut untuk menghindari makanan-makanan yang bisa terkontaminasi akibat tangan yang kotor.”

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.