Gulir ke bawah!
Nasional

Jamaah Harus Tetap Kobarkan Semangat Persatuan & Kesatuan

15851
×

Jamaah Harus Tetap Kobarkan Semangat Persatuan & Kesatuan

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Sekira 2.000-an orang umat muslim di Kota Kupang mengikuti pelaksanaan salat Idul Fitri (Id) 1 Syawal 1445 H/2024 di Alun-alun Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur NTT, Rabu (10/4). Tema yang diusung yakni “Semangat Persatuan dan Kesatuan”. Salat Id itu dimulai tepat pukul 06.30 Wita. Bertindak sebagai imam, Ustadz Abubakar Sidiq. M Hasbi dan khotib Ustadz Achmad Sofyan Abdurachman.

Penjabat (Pj) Gubernur NTT, Ayodhia Kalake juga mengucapkan selamat merayakan hari raya Idul Fitri dan berharap Allah menerima ibadah seluruh unat muslim selama bulan Ramadan. Dirinya pun meminta maaf atas segala khilaf sebagai manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan.

Silakan gulirkan ke bawah

Dalam momen penuh hikmat dan kekeluargaan tersebut, dia berpesan kepada umat muslim di NTT untuk menjadikan hari raya Idul Fitri sebagai momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan ia juga meminta agar jemaah tetap menjaga, memperkuat persatuan dan kesatuan serta persaudaraan antarumat beragama dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Mari kita tetap menjaga kebersamaan persatuan dan kesatuan bangsa ini dengan memperkuat Ukhuwah Islamiyah, persaudaraan sesama umat Islam, Ukhuwah Wathaniyah, persaudaraan dan Ikatan kebangsaan dan Ukhuwah Basyariyah yaitu persaudaraan sesama umat manusia dalam bingkai dalam bingkai NKRI,” ujarnya.

Ia juga menekankan agar hanya kepada Allah Subhanahu wa ta’ala seluruh jemaah berserah diri, dan kepada-Nya-lah pula jemaah memohon pertolongan. Sekali lagi dihari kemenangan ini agar seluruh jemaah memaknai apa yang sudah dilakukan selama bulan Ramadan ini dan mengaplikasikannya di dalam kehidupan kita sehari-hari.

Usai pelaksanaan salat Id, Ayodhia bersama keluarga menggelar Open House di Rujab Gubernur NTT tepat pukul 08.30 hingga 12.00 Wita. Gelaran Open House tersebut dibuka untuk umum. Tampak para tamu diterima langsung oleh dirinya, istri dan anak serta didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTT, Kosmas D. Lana. Acara kemudian dilanjutkan dengan silaturahmi dan jamuan makan siang bersama.

Masyarakat yang datang pun tampak antusias menghadiri undangan terbuka tersebut dan memanfaatkan momen itu untuk bersalaman langsung dengan Penjabat Gubernur NTT bersama keluarga serta pejabat lainnya. Suasana Open House berjalan dengan penuh keakraban dan lebur jadi satu, dimana masyarakat yang hadir juga menikmati aneka hidangan yang telah disediakan.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.