Gulir ke bawah!
KeamananNasional

Delapan Anggota KKB Papua Ditangkap di Dekai

19257
×

Delapan Anggota KKB Papua Ditangkap di Dekai

Sebarkan artikel ini

Koma.id- Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 membekuk delapan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua dari kelompok Kopi Tua Heluka dan Yotam Bugiangge di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

“Dua orang di antaranya teridentifikasi yaitu Afrika Heluka, merupakan anggota OPM pimpinan Kopi Tua Heluka dan Toni Wetapo alias Toni Giban, anggota Yotam Bugiangge, ujar Kasatgas ops Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani, dikutip, Jumat (12/4/2024).

Silakan gulirkan ke bawah

Operasi ini bermula dari kecurigaan terhadap sekelompok orang yang diduga anggota OPM yang berkumpul di salah satu rumah di sekitar Kali Go. Dengan keberanian dan ketegasan, Satgas melakukan penggerebekan yang berhasil mengamankan delapan anggota KKB Papua tersebut.

Afrika Heluka, yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), terlibat dalam serangkaian kejahatan berat, termasuk penembakan terhadap anggota Polres Yahukimo dan anggota Brimob Satgas Preventif Operasi Damai Cartenz 2022, yang menyebabkan korban jiwa. Begitu juga dengan Toni Wetapo alias Toni Giban, yang diduga terlibat dalam pembantaian terhadap pendulang di tambang emas ilegal di Kali I, yang menewaskan 13 orang.

Selain itu, Satgas Ops Damai Cartenz juga berhasil menyita sejumlah barang bukti, termasuk lima buah parang, satu pucuk senapan angin, dan dua buah busur panah, serta barang bukti lainnya yang menjadi alat bukti dalam serangkaian kejahatan yang dilakukan oleh kelompok ini.

“Satgas Ops Damai Cartenz juga mengamankan barang bukti berupa lima buah parang, satu pucuk senapan angin, dua buah busur panah dan berbagai barang bukti lainnya,” tutupnya.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.