Gulir ke bawah!
Nasional

Lemkapi : 85,7 Persen Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Pemilu

131
×

Lemkapi : 85,7 Persen Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Pemilu

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) mengungkap hasil survei terkait kinerja Polri dalam Pemilu 2024. Hasilnya sebanyak 85,7 persen masyarakat puas atas kinerja Polri dalam mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024.

“Masyarakat melihat situasi keamanan terjaga dengan baik berkat kerja keras dan sinergi yang baik antara Polri dan TNI,” kata Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan dalam keterangannya, Minggu (24/3).

Silakan gulirkan ke bawah

Survei kinera Polri ini dilakukan pada periode 9 Maret-22 Maret 2024 yang melibatkan 1.200 responden dari warga negara Indonesia (WNI) berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Edi mengatakan, masyarakat senang melihat kekompakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto yang mana keduanya saling mengisi dan bersama-sama turun ke bawah saat masa kampanye dan pelaksanaan Pemilu 2024.

Selain keberhasilan mengamankan Pemilu 2024, imbuh dia, hal lain yang membuat masyarakat puas pada pelayanan keamanan Polri adalah pendekatan yang mereka lakukan seperti melalui kegiatan ‘Jumat Curhat’ atau ‘Minggu Kasih’.

Menurut Edi, kegiatan ini berjalan baik hingga ke wilayah kecamatan karena kerap melibatkan TNI dan unsur Muspida.

“Kegiatan ‘Jumat Curhat’ dan ‘Minggu Kasih’ ini disukai masyarakat karena mereka jadi lebih mudah menyampaikan berbagai persoalan kepada kepolisian,” kata Edi.

Kemudian, Edi juga mengapresiasi kecepatan Polri dalam merespons berita-berita hoaks yang marak saat menjelang dan sesudah Pemilu 2024 sehingga membuat masyarakat puas.

Di sisi lain, sekitar 11,2 persen responden mengaku tidak puas atas pelayanan keamanan yang dilakukan Polri. Mereka yang belum puas ini beralasan terpengaruh dengan pemberitaan hoaks di berbagai media sosial yang terus menyorot profesionalisme dan pelayanan Polri.

“Kita harapkan, hasil survei pelayanan keamanan ini akan menjadi masukan kepada jajaran Polri dalam meningkatkan kinerja di tengah masyarakat,” demikian Edi.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.