Gulir ke bawah!
Nasional

Tidak Benar Pemerintah akan Gantikan Kurikulum Merdeka menjadi Kurikulum Nasional pada Maret 2024

131
×

Tidak Benar Pemerintah akan Gantikan Kurikulum Merdeka menjadi Kurikulum Nasional pada Maret 2024

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Beredar narasi bahwa pemerintah akan mengganti Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum Nasional pada Maret 2024.

Narasi yang beredar yakni soal Kurikulum Merdeka akan diganti dengan Kurikulum Nasional pada Maret 2024.

Silakan gulirkan ke bawah

Akun tersebut mengunggah foto slide program prioritas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), meliputi:

1. Kegiatan launching Kurikulum Nasional menggantikan Kurikulum Merdeka bulan Maret 2024,

2.Pendaftaran satuan pendidikan pelaksana kurikulum nasional pada tahun ajaran 2024/2025,

3. Festival Kurikulum Merdeka.

Berikut narasi yang ditulis salah satu akun, pada Kamis (7/3/2024):

KTSP ke k13 ganti kurikulum merdeka sekrng mau ke kurikulum nasional
Yo semangat Yo

Faktanya, Kemendikbud Ristek tidak mengganti Kurikulum Merdeka, melainkan akan menerapkannya sebagai kurikulum nasional untuk menggantikan Kurikulum 2013.

“Informasi bahwa Kurikulum Nasional akan menggantikan Kurikulum Merdeka adalah informasi yang tidak benar,” kata Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbud Ristek Anindito Aditomo, dilansir Kompas.com.

Kurikulum Merdeka bukanlah kurikulum baru. Kemendikbud Ristek tengah merumuskan kebijakan tentang penerapan Kurikulum Merdeka secara nasional.

“Pada 2022 dan 2023, Kurikulum Merdeka ditawarkan sebagai salah satu opsi bagi sekolah yang ingin mulai melakukan transformasi agar pembelajarannya lebih berpusat pada murid,” kata Anindito.

Dikutip dari Kompas.com, 27 Februari 2024, pengesahan Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum nasional ditargetkan pada Maret 2024.

“Bulan Maret ini insya Allah (diluncurkan),” kata Pengembang Ahli Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbud Ristek, Taufiq Damardjati.

Seperti diberitakan Kompas.id, pada 1 Maret 2024, sekitar 80 persen sekolah sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan beragam tingkat kesiapan.

Ada yang masih menerapkan prinsip-prinsipnya saja sambil tetap menggunakan Kurikulum 2013, ada pula yang sudah menggunakan prinsip dan struktur Kurikulum Merdeka.

Bahkan ada sekolah yang sudah mampu mandiri mengembangkan sampai kurikulum operasional dengan mengacu pada Kurikulum Merdeka.

Kesiapan Kurikulum Merdeka menjadi kurikulum nasional menguat dengan digelarnya uji publik Rancangan Permendikbud Ristek tentang Kurikulum Merdeka oleh BSKAP.

Ketika Permendikbud Ristek tentang Kurikulum Merdeka berlaku, satuan pendidikan anak usia dini, dasar, dan menengah, dapat menerapkan Kurikulum 2013 paling lama sampai tahun ajaran 2025/2026.

Pemerintah memberikan waktu bagi satuan pendidikan untuk melakukan transisi. Selain itu, satuan pendidikan diberi keleluasaan menerapkan Kurikulum Merdeka secara bertahap untuk semua kelas.

Maka informasi soal Kurikulum Merdeka akan diganti pada Maret 2024 adalah narasi keliru.

Kemendikbud Ristek tidak mengganti Kurikulum Merdeka, melainkan akan menerapkannya sebagai kurikulum nasional untuk menggantikan Kurikulum 2013.

Payung hukum berupa peraturan menteri sedang disiapkan untuk melegalkan Kurikulum Merdeka menjadi kurikulum nasional.

Sumber : kompas.com

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.