Gulir ke bawah!
Nasional

Prabowo : Indonesia Negara Demokrasi Terbesar di Dunia

3013
×

Prabowo : Indonesia Negara Demokrasi Terbesar di Dunia

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto mengatakan saat ini Indonesia adalah negara demokrasi terbesar di dunia. Proses demokrasi menurut Prabowo berbiaya mahal dan melelahkan tetapi masih banyak ruang untuk diperbaiki.

Hal ini disampaikan Prabowo saat berbicara di Mandiri Investment Forum di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (5/3/2024). Prabowo mengatakan bahwa Indonesia telah bertransisi dari negara di bawah rezim otoriter ke negara demokrasi penuh.

Silakan gulirkan ke bawah

“Dua puluh lima tahun kita bertransisi dari rezim otoriter ke demokrasi penuh dan menurut saya kita sekarang adalah negara demokrasi terbesar di dunia,” kata Prabowo dalam pidatonya.

Dia juga mengatakan Indonesia telah menyelenggarakan beberapa event pemilu. Dia mengaku berpartisipasi dalam lima gelaran pemilu.

“Kami melaksanakan beberapa pemilu, saya berpikir pemilu yang sebenarnya,” katanya.

“Saya pikir saya berpartisipasi dalam lima pemilihan umum,” sambungnya.

Berdasarkan pengalamannya itu, Prabowo menyampaikan kesaksiannya atas kondisi demokrasi ini. Baginya, demokrasi sangat melelahkan, berantakan, dan berbiaya tinggi.

“Dan izinkan saya menguji, izinkan saya bersaksi bahwa demokrasi sungguh sangat melelahkan, sangat sangat berantakan, sangat sangat mahal,” ujarnya.

Meskipun begitu, Indonesia masih belum puas akan kondisi demokrasinya. Oleh karenanya, masih ada ruang untuk memperbaikinya.

“Dan kami masih belum puas dengan demokrasi kami. Ada banyak ruang untuk memperbaikinya,” ujarnya.

Prabowo menjelaskan bahwa Indonesia mestinya berbangga bisa menyelenggarakan pemilu. Sebab, angka partisipasi pemilih sampai 80%.

“Saya kira Indonesia harus bangga, pada pemilu kita rata-rata jumlah pemilihnya adalah delapan puluh persen,” katanya.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.