Gulir ke bawah!
NasionalPolitik

Bila Paripurna Sepi, Hak Angket Hanya Prank

2489
×

Bila Paripurna Sepi, Hak Angket Hanya Prank

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI akan menggelar rapat paripurna Pembukaan Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2023–2024 pada hari ini, Selasa (5/3/2024).

 

Silakan gulirkan ke bawah

Rapat perdana masa sidang keenam ini digelar setelah melewati masa reses masa sidang III Tahun Sidang 2023–2024 yang berlangsung sejak 7 Februari 2024 hingga kemarin, 4 Maret 2024.

 

Sesuai informasi yang dihimpun, rapat paripurna tersebut akan membahas dua agenda utama. Salah satu wacananya adalah pengajuan hak angket, yang muncul setelah calon presiden Ganjar Pranowo menyatakan keinginan PDI Perjuangan (PDIP) dan koalisi pendukungnya untuk mengusut dugaan kecurangan Pemilu 2024.

 

Sementara itu peneliti, Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi),

Lucius Karus,  menegaskan bahwa seriusnya DPR dalam menggunakan hak angket akan menjadi penentu, terutama dalam menyelidiki berbagai kecurangan yang dilaporkan dalam Pemilu 2024.

 

Namun, jika sidang tidak serius dalam menghadapi isu tersebut, Formappi mengkhawatirkan bahwa hal itu hanya akan dianggap sebagai lelucon atau upaya intimidasi ringan yang tak berefek apa-apa.

 

“Kalau di paripurna sepi-sepi saja, itu artinya kita di prank oleh orang-orang yang selama ini yang ingin membongkar pemilu dengan menggunakan hak angket,” katanya.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.