Gulir ke bawah!
HeadlineNasional

Bukan Kaleng-Kaleng, Elit Inggris Akui Reputasi Jokowi dan Komitmen Bantu IKN

10569
×

Bukan Kaleng-Kaleng, Elit Inggris Akui Reputasi Jokowi dan Komitmen Bantu IKN

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair, mengapresiasi pemerintahan Presiden Joko Widodo yang memiliki reputasi baik di dunia internasional. Hal itu yang kemudian mendorong eks orang penting di Inggris itu berkomitmen membantu proses pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Demikian kata Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono usai bertemu dengan Tony Blair di Jakarta pada Rabu (1/6/2022).

Silakan gulirkan ke bawah

Bahkan, Bambang, kembali menekankan, dalam pertemuan selama sekitar satu jam, Tony Blair menegaskan kesungguhannya dan kesediaannya untuk terus membantu OIKN dalam proses pembangunan ibu kota baru NKRI tersebut.

Adapun Tony Blair, lewat lembaga Tony Blair Institute (TBI) for Global Change aktif melakukan kajian dan memberikan perhatian khusus tentang Indonesia. Ia pun memiliki hubungan baik dengan para investor. Selama kunjungannya ke Indonesia.

“Perencanaan dan pelaksanaan pembangunan IKN tetap mengedepankan prinsip ESG (environmental, social, and governance) sebagai kota global yang smart, sustainable, inclusive, dan resilient,” kata Bambang, Kamis (2/6/2022).

Bambang menambahkan, saat ini Otorita Ibu Kota Nusantara sedang mengembangkan masterplan Nusantara yang mencerminkan teknologi mutakhir.

Kemudian memfokuskan pada inovasi dan ekosistem yang berpotensi menderek kualitas hidup masyarakat. Lalu menerbitkan model baru pengelolaan kota masa depan yang terhubung secara digital dan layak secara ekonomi, dan menjadi daya tarik dari aspek sosial, dan berkelanjutan secara lingkungan.

Progres Pembangunan Ibu Kota Nusantara

Sebagai tambahan informasi, Ibu Kota Nusantara Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, bakal mulai dibangun pada semester ke-2. Titik terang proses pengerjaan infrastruktur mulai nampak.

Hal tersebut dapat ditelisik dari langkah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencari kontraktor pelaksana proyek IKN lewat pelelangan yang telah dimulai sejak 30 Mei 2022.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.