Gulir ke bawah!
Life Style

Mahasiswi Gemes Lihat Kelamin Pasiennya, RSUD Wonosari dan Kampusnya Minta Maaf

9259
×

Mahasiswi Gemes Lihat Kelamin Pasiennya, RSUD Wonosari dan Kampusnya Minta Maaf

Sebarkan artikel ini
moditabok
Mahasiswi Universitas `Aisyiyah Yogyakarta pemilik akun TikTok @Moditabok yang viral.

KOMA.ID – Pihak manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari menyampaikan permohonan maafnya, karena ada insiden video tiktok yang menampilkan seorang perawat wanita yang dianggap melanggar kode etik kedokteran.

Mereka menyatakan bahwa perempuan yang ada di dalam video tersebut bukan pegawai mereka, melainkan mahasiswi yang sedang magang.

Silakan gulirkan ke bawah

“Menanggapi konten video yang sedang viral di media. Kami dari RSUD Wonosari menyampaikan bahwa yang bersangkutan bukan merupakan pegawai RSUD Wonosari, tetapi Mahasiswa dari Universitas X yang sedang praktik di RSUD Wonosari,” tulis pernyataan klarifikasi dari PPID RSUD Wonosari dan diunggah di akun instagram mereka yang dikutip Holopis, Kamis (1/6).

Manajemen RSUD Wonosari Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut menjanjikan akan memproses kasus tersebut sampai tuntas.

“Kejadian ini akan segera ditindaklanjuti oleh manajemen RSUD Wonosari. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya,” pungkasnya.

Berdasarkan kabar yang dihimpun, Mahasiswi keperawatan tersebut berasal dari Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Bahkan saat ini, pihak kampus telah memberikan peringatan berupa teguran kepada yang bersangkutan serta sudah menariknya dari RSUD Wonosari tempat mereka melakukan praktik lapangan.

Bahkan pihak kampus juga sudah mengetahui dan sedang memproses kasus tersebut. Dan melalui siaran pers di akun twitter resminya, mereka mengatakan bahwa pihak Program Studi (Prodi) sudah mengambil langkah-langkah lanjutan.

“Pada prinsipnya, prodi sudah melakukan beberapa langkah antara lain ; memperingatkan atau menegur mahasiswa tersebut terkait dengan konten yang telah dibuat, menarik mahasiswa tersebut dari tempat praktik kliniknya, memohon maaf ke rumah sakit tempat praktik klinik secara non formal, dan akan segera dilakukan pertemuan dengan direktur dan kadiklat rumah sakit tersebut,” tulis @unisa_yogya.

Mereka juga mengklaim sudah melakukan pembekalan kepada para mahasiswanya yang akan melakukan program praktik langsung di tempat-tempat yang telah dituju.

“Sebelum mahasiswa terjun ke lahan praktik RS, mahasiswa telah mengikuti kegiatan pembekalan baik yang berupa kompetensi keahlian maupun pembekalan aspek etik termasuk menjaga privasi klien, keselamatan kerja, keselamatan pasien. Sebelumnya juga mereka sudah lolos uji pra klinik,” terangnya.

Perlu diketahui, sebuah tangkapan layar akun TikTok @Moditabok mengunggah video seorang perawat yang mengenakan baju medis dengan jilbab dan masker putih serta berkacamata yang menyampaikan testimoni pengalamannya saat memasang kateter urin kepada pasien lelakinya.

“Ketika aku harus pasang kateter urin/DC untuk pasien cowok. Mana udah cakep, seumuran lagi,” tulis sticker teks di dalam video tersebut.

Konten video tersebut semoat mendapatkan reaksi dari banyak netizen sesama pengguna TikTok, bahkan ada yang cukup menggemaskan.

https://twitter.com/AREAJULID/status/1531790663238373376?s=20&t=Radqefco6EAXk37CyopRKA

“Gak dipasang kateter malah masuk mulut,” tulis @extendeeeeeeeeeed.

Kemudian, pemilik akun Tiktok @cindyyyrahma juga berkomentar cukup genit. “kebayangnya sampe ke kost,”.

Saat kasus ini mencuat ke publik, akun @Moditabok sudah diprivate.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.