Gulir ke bawah!
BeritaPolitik

Buruh Serukan Tolak Kebijakan Blunder Jokowi

10611
×

Buruh Serukan Tolak Kebijakan Blunder Jokowi

Sebarkan artikel ini

Koma.id- Menjelang aksi besar-besaran yang direncanakan pada 27 Juni 2024, ratusan buruh di Surabaya melakukan aksi unjuk rasa sebagai bentuk protes awal terhadap program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Pada Kamis, 13 Juni 2024, para demonstran berkumpul di Gedung Negara Grahadi untuk menyuarakan penolakan mereka terhadap kebijakan yang baru saja ditandatangani Presiden Joko Widodo.

Ratusan buruh yang berunjuk rasa di Surabaya mengecam keputusan Presiden Jokowi untuk menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2024, yang mengubah PP Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tapera. Mereka menyebut kebijakan ini sebagai kesalahan besar yang dilakukan menjelang masa akhir jabatan presiden. Para demonstran menilai bahwa perubahan ini tidak berpihak kepada kepentingan buruh dan dapat menambah beban ekonomi mereka.

Silakan gulirkan ke bawah

Di tempat lain, ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Cianjur juga menggelar aksi serupa. Mereka memadati depan Kantor DPRD Kabupaten Cianjur untuk menyuarakan ketidaksetujuan mereka terhadap program Tapera. Para buruh ini menyampaikan kekhawatiran mereka bahwa kebijakan tersebut akan mempersulit mereka untuk memenuhi kebutuhan dasar.

Demonstrasi ini hanyalah pemanasan menjelang aksi protes besar yang dijadwalkan pada 27 Juni 2024. Para buruh dari berbagai daerah di Indonesia telah menyatakan akan turun ke jalan untuk menentang kebijakan ini secara nasional. Mereka bersiap untuk menyampaikan pesan keras kepada pemerintah bahwa Tapera bukan solusi yang mereka butuhkan.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.