Gulir ke bawah!
Nasional

Upacara HUT RI ke 79 Berlangsung Hybrid, di IKN dan Jakarta

5240
×

Upacara HUT RI ke 79 Berlangsung Hybrid, di IKN dan Jakarta

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Pemerintah Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal menyelenggarakan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan atau HUT RI ke-79 secara Hybrid di calon Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, dan Ibu Kota Jakarta. Administrasi terus mematangkan persiapan upacara 17 Agustus di IKN.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyampaikan skema HUT RI ke-79 di IKN ini usai rapat persiapan bersama Jokowi dan sejumlah menteri lain di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 10 Juni 2024.

Silakan gulirkan ke bawah

“Sebagian di IKN sebagian di Jakarta. Di sini ada hiburan di sana ada hiburan, hybrid,” kata Muhadjir ditemui usai rapat terbatas.

Muhadjir menjelaskan hampir semua persiapan sudah siap. Kepastian penggunaan Bandara dan fungsionalnya akan diumumkan pada akhir Juli sehingga para tamu tidak perlu masuk terlebih dahulu ke Balikpapan.

Sebelumnya, Jokowi juga mengklaim persiapan upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN sedikit lagi rampung. Kepala negara menyampaikan ini sesudah mengecek langsung lokasi di Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Rabu, 5 Juni 2024.

Namun kepastian mengenai sejumlah unsur mana yang bakal mengisi rangkaian perayaan upacara Kemerdekaan di IKN belum diumumkan oleh Istana. Muhadjir menjelaskan belum ada daftar pejabat yang akan ikut acara IKN atau Jakarta.

“Mungkin akan dipecah dua. Termasuk upacara di makam pahlawan di Kalibata dan IKN memorial,” kata Muhadjir.

Menko PMK hanya menyebut Jokowi dan Presiden terpilih Prabowo Subianto akan menggelar upacara di IKN. Sementara Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka akan di Jakarta.

Jokowi menyebut sekitar 80 persen interior hingga eksterior pembangunan IKN tahap pertama sudah selesai. Pemerintah ingin pembangunan terus berjalan, di tengah pergantian kepemimpinan di IKN.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.