Gulir ke bawah!
Nasional

Sri Mulyani dan Ahok Ringkus Orang Besar Istana? Cek Faktanya

5502
×

Sri Mulyani dan Ahok Ringkus Orang Besar Istana? Cek Faktanya

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Beredar sebuah video dari channel youtube bernama ONE NATION bernarasikan Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berhasil meringkus orang besar istana.

Narasi yang ditulis adalah:
MAMFUSSJ0K0WI PUCAT, SRI MULYANI & AHOK BERHASIL RINGKUS ORANG BESAR ISTANA INI

Silakan gulirkan ke bawah

KABAR MENGGEMPARKAN
AHOK KEMBALI GEGERKAN PUBLIK
BERHASIL R1NGKUS ORANG BESAR ISTANA INI

Setelah ditelusuri, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari beberapa gambar yang digabung menjadi satu. Dalam video tersebut hanya menyajikan beberapa cuplikan video berbeda yang tidak mendukung klaim narasi.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari situs ini berjudul “Ada 14 Temuan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah, Ini Kata Sri Mulyani”. Artikel ini membahas tentang respon Sri Mulyani terkait Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mencatat terdapat 14 temuan pemeriksaan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2023.

Selain itu, narator juga membacakan artikel dari sini dengan judul “Lagi, BPK Ketahuan Peras Pejabat Minta Rp10 Miliar ke PT Waskita”. Dalam artikel ini membahas tentang Pegawai BPK yang ketahuan memeras Rp 10 miliar kepada proyek pembangunan jalan.

Dengan demikian, narasi dengan klaim Sri Mulyani dan Ahok berhasil meringkus orang besar istana tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

Sumber : turnbackhoax.id

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.