Gulir ke bawah!
Nasional

Kongres 5 Tahunan PDIP Diundur, Bakal Digelar Tahun Depan

5109
×

Kongres 5 Tahunan PDIP Diundur, Bakal Digelar Tahun Depan

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah menyampaikan agenda kongres partainya yang dilakukan tiap lima tahun direncanakan tak digelar tahun ini. Basarah mengatakan kongres yang berisi konsolidasi agenda nasional bangsa itu baru akan digelar pada 2025.

“Untuk kebutuhan konsolidasi pemantapan organisasi partai menyukseskan agenda-agenda nasional bangsa itu, maka kongres akan diputuskan dikembalikan dalam siklus 5 tahunan, nanti 2025 yang akan datang,” kata Basarah dalam konferensi pers di Beach City International Stadium, Jakarta Utara, Jumat (24/5/2024).

Silakan gulirkan ke bawah

Basarah mengatakan PDIP telah melangsungkan kongres ke-V di 2019. Semestinya kongres selanjutnya digelar pada 2024, tetapi pada tahun yang sama dilaksanakan pemilu serentak.

“Kita juga akan melakukan konsolidasi organisasi partai, dengan mengembalikan siklus kongres kembali ke tahun 2025,” ujar Basarah.

“Karena kebetulan jadwal kongres dilaksanakan pada tahun 2019, tetapi karena agenda-agenda nasional lainnya termasuk pelaksanaan Pilpres dan Pileg kemarin, dan November nanti kita akan melaksanakan Pilkada serentak,” sambungnya.

Adapun acara Rakernas PDIP direncanakan berlangsung selama tiga hari hingga 26 Mei 2024. Basarah mengatakan acara itu akan mengevaluasi kinerja partai.

“Yang pertama akan melakukan evaluasi kinerja partai sejak pelaksanaan kongres ke-V PDI Perjuangan tahun 2019 lalu. Memang menurut ketentuan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga kami, salah satu fungsi rapat kerja nasional ini adalah kami mengevaluasi perjalanan program-program partai, kinerja partai, capaian-capaian partai, setiap tahun sekali dalam Rakernas,” ujar Wakil Ketua MPR RI ini.

Agenda kedua, sebut Basarah, PDIP akan melakukan konsolidasi organisasi partai. Ia menyebut pihaknya akan melakukan kongres pada 2025.

“Karena kebetulan jadwal kongres dilaksanakan pada tahun 2019, tetapi karena agenda-agenda nasional lainnya termasuk pelaksanaan Pilpres dan Pileg kemarin, dan November nanti kita akan melaksanakan Pilkada serentak,” ujar Basarah.

“Maka untuk kebutuhan konsolidasi pemantapan organisasi partai mensukseskan agenda-agenda nasional bangsa itu, maka kongres akan diputuskan dikembalikan dalam siklus 5 tahunan, nanti 2025 yg akan datang. Dan instansi musyawarahnya itu dilakukan pada Rakernas pada hari ini,” sambungnya.

Agenda lainnya, yakni akan ada konsolidasi untuk pembahasan Pilkada 2024. PDIP juga akan membahas sikap politik partainya untuk pemerintah Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ke depan.

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.