Gulir ke bawah!
Nasional

Terbukti Menangkan Prabowo-Gibran, Anwar Usman Disingkirkan? Cek Faktanya

6026
×

Terbukti Menangkan Prabowo-Gibran, Anwar Usman Disingkirkan? Cek Faktanya

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Channel youtube bernama ONE NATION membagikan sebuah video yang menampilkan gambar thumbnail Anwar Usman bersama Presiden Jokowi dan pasangan Prabowo-Gibran dengan narasi yang menyatakan bahwa Anwar Usman disingkirkan usai terbukti menangkan Prabowo-Gibran.

Narasi yang ditulis adalah:
MENGGEMPARKANPAMAN USMAN DI SINGKIRKAN USAI BERJASA MENANGKAN PRABOWO~GIBRAN

Silakan gulirkan ke bawah

KABAR MENGGEMPARKAN
PAMAN USMAN DI SINGKIRKAN
USAI TERBUKTI MWNANGKAN PRABOWO GIBRAN

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak terdapat informasi yang mendukung klaim narasi yang beredar. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

Dalam video tersebut terdapat narasi yang membahas tentang mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman yang kembali dilaporkan ke Majelis Kehormatan MK (MKMK) atas dugaan pelanggaran kode etik. Narasi tersebut bersumber dari artikel ini yang berjudul “Anwar Usman Dilaporkan ke MKMK, Diduga Sewa Pengacara Sengketa Pileg untuk Lawan MK di PTUN” yang dimuat pada 13 Mei 2024.

Thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari beberapa gambar yang digabung menjadi satu.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim narasi yang disebarluaskan oleh channel youtube ONE NATION tidak terbukti dan termasuk ke dalam kontenya dimanipulasi.

Sumber : turnbackhoax.id

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.