Gulir ke bawah!
Nasional

Hoaks Polusi Udara Hanya Rekayasa Demi Bisnis

3537
×

Hoaks Polusi Udara Hanya Rekayasa Demi Bisnis

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Beredar sebuah unggahan foto di media sosial Facebook yang mengeklaim polusi udara dan pemanasan global sesungguhnya tidak ada dan merupakan berita bohong yang disebarkan oleh kalangan tertentu untuk tujuan bisnis. Narasi dalam unggahan foto menyebutkan bahwa udara kotor akan dibersihkan secara alami pada malam hari dan kotoran sisa proses tersebut tersimpan dalam embun.

Faktanya, klaim dalam unggahan foto tersebut adalah keliru. Dilansir dari laman ini dan ini, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa polusi udara berkontribusi terhadap enam besar penyakit secara nasional yang meliputi pneumonia, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), asma, tuberkolosis, kanker paru dan penyakit paru obstruksi kronis (PPOK).

Silakan gulirkan ke bawah

Berdasarkan hal tersebut, maka polusi udara menimbulkan gangguan kesehatan terhadap manusia. Selain itu, dalil agama yang disertakan dalam klaim narasi tidak secara eksplisit membahas mengenai polusi udara dan pemanasan global serta tidak menyertakan tafsir dari Al-Quran yang dicantumkan.

Kategori: Hoaks

Link Counter:

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.