Gulir ke bawah!
Nasional

Sulfur Dioksida (SO2) Dampak Erupsi Gunung Raung Menyebar Hingga Jawa? Faktanya Begini

5633
×

Sulfur Dioksida (SO2) Dampak Erupsi Gunung Raung Menyebar Hingga Jawa? Faktanya Begini

Sebarkan artikel ini

Koma.id – Beredar sebuah unggahan pada media sosial Facebook membagikan informasi bahwa dampak erupsi Gunung Ruang di Provinsi Sulawesi Utara menyebabkan gas SO2 atau sulfur dioksida yang berbahaya bagi pernafasan menyebar di Pulau Jawa. Klaim tersebut dibuktikan dengan peta penyebaran SO2 dari situs windy.com.

Dilansir dari laman ini, peta penyebaran tersebut hanya menampilkan model prediksi penyebaran gas Sulfur Dioksida, bukan hasil pengamatan langsung Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Silakan gulirkan ke bawah

Dilansir dari situs ini, berdasarkan pengamatan BMKG Juanda, di wilayah Provinsi Jawa Timur tidak terdampak debu vulkanik atau gas sulfur dioksida akibat erupsi Gunung Ruang. Hal tersebut telah dibuktikan dengan uji paper test yang menunjukkan hasil yang nihil.

Mengutip laman ini, Penyelidik Bumi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Sofyan Primulyana menjelaskan bahwa Sulfur Dioksida dari erupsi gunung yang menyebar ke atmosfer akan semakin berkurang. Meski begitu, Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari menyebut bahwa sulfur dioksida masih berdampak langsung pada masyarakat di sekitar Gunung Ruang, masyarakat lokal diimbau untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Sumber : Kominfo

Jangan lupa temukan juga kami di Google News.